5 Tips Menggunakan Aplikasi Google Translate di Android | Informasi Gadget Terbaru 2017

5 Tips Menggunakan Aplikasi Google Translate di Android

Aplikasi Google Translate milik Google sudah tersedia di beberapa smartphone Android secara built-in, terutama yang menggunakan stock Android. Jika Gadgeteers menggunakan smartphone lainnya, mungkin belum pernah tahu jika menerjemahkan kata asing lewat aplikasi ini sangatlah mudah.

Sebagai aplikasi penerjemah, tentu saja fungsi utama Google Translate adalah untuk menerjemahkan kata, istilah atau kalimat asing. Lalu apa yang membuat Google Translate lebih unggul dari aplikasi lain? Berikut 5 fitur kunci yang dimiliki aplikasi penerjemah dari Google.

1. Offline Translation

Gadgeteers tidak perlu terhubung ke internet setiap saat untuk melakukan proses terjemah kata/kalimat, karena aplikasi ini dapat mengunduh bahasa yang paling sering Gadgeteers terjemahkan. Sangat berguna jika, misalnya, Gadgeteers sedang bepergian ke luar negeri dan koneksi internet terbatas. Caranya cukup mudah.

gtranslatetips_1

Sebelum bepergian, buka aplikasi Google Translate, masuk ke menu Offline translation dan unduh bahasa-bahasa yang diperlukan. Dalam mode offline, Gadgeteers masih tetap bisa melakukan proses terjemah dengan metode ketik maupun scan dari kamera. Hanya mode obrolan lewat input suara (conversation mode) yang tidak bisa dijalankan secara offline.

2. Conversation Mode

Fitur ini cukup membantu saat Gadgeteers ingin berbicara kepada orang asing secara cepat, tanpa harus menghabiskan waktu untuk ketik-ketik di layar smartphone. Pertama-tama, Gadgeteers tentukan dahulu bahasa apa yang ingin diterjemahkan. Jika sudah siap, tekan tombol mikrofon di tengah layar. Tampilan akan berubah ke mode obrolan, dengan tiga tombol mikrofon di bawah.

gtranslatetips_4

Tombol mikrofon di kiri dan kanan adalah tombol untul berbicara di masing-masing bahasa, sedangkan tombol di tengah mampu menjalankan fungsi otomatis. Yang dimaksud otomatis adalah, jika Gadgeteers berbicara bahasa Indonesia, aplikasi akan secara otomatis mengeluarkan suara kalimat dalam bahasa Inggris. Setelah suara diputar, aplikasi otomatis mendengarkan kalimat berbahasa Inggris, untuk diucapkan dalam bahasa Indonesia. Fitur ini akan terus berjalan sampai Gadgeteers menonaktifkannya secara manual.

3. Menerjemahkan Kata Yang Disorot Otomatis

Jika Gadgeteers menggunakan smartphone dengan Android Marshmallow ke atas, maka ada fitur spesial yang bisa kalian manfaatkan dengan peramban Google Chrome. Gadgeteers dapat menerjemahkan kalimat pada sebuah artikel di Google Chrome secara mudah, hanya dengan menyorot potongan kalimat.

gtranslatetips_2

Sorot kalimat tertentu yang ingin diterjemahkan, tekan tombol titik tiga yang muncul sebagai pop-up, lalu pilih translate. Hasil terjemahkan akan langsung keluar dengan berbagai opsi seperti menyalin hasil tersebut. Dari tampilan yang sama, Gadgeteers juga bisa menerjemahkan kata-kata lainnya dengan mengetik ulang. Anggap saja seperti mengakses Google Translate di atas aplikasi lain yang sedang dijalankan.

4. Terjemah Lewat Kamera

Selain dengan mengetik dan lewat perintah suara, Google Translate juga bisa melakukan proses terjemah langsung dari kamera lho, Gadgeteers. Cukup tekan tombol kamera, pilih bahasa yang sesuai, dan arahkan ke objek yang ingin diterjemahkan. Sebagai catatan, pilihan bahasa untuk metode ini lebih terbatas dari metode lainnya.

gtranslatetips_3

Proses terjemah bisa dilakukan secara langsung (live) seperti pada gambar paling kiri, atau dengan mengambil foto dan memilih porsi teks yang ingin diterjemahkan.

5. Tap To Translate

Hampir serupa dengan poin nomor 3, fitur Tap To Translate memungkinkan semua teks yang Gadgeteers salin untuk diterjemahkan, berlaku di aplikasi manapun, tidak hanya dari Google Chrome. Caranya hampir serupa, pilih kalimat, salin, dan nanti akan muncul pop-up dengan logo aplikasi Google Translate di layar.

gtranslatetips_5

Sebagai contoh, pada aplikasi Twitter, Gadgeteers dapat menyentuh dan menahan sebuah tweet untuk menyalin ke clipboard. Nanti akan muncul logo aplikasi Google Translate setelahnya. Tekan logo tersebut, dan hasil terjemahan akan muncul di atas aplikasi yang sedang dibuka. Dengan begitu, Gadgeteers bisa tetap konsentrasi mengakses aplikasi Twitter, tanpa perlu pindah ke Google Translate dan mempersingkat waktu.

Sekian penjelasan dari lima fitur yang mungkin belum Gadgeteers ketahui dari Google Translate. Oh ya, beberapa tips di atas juga berlaku untuk perangkat lain seperti iPhone dengan iOS. Semoga bermanfaat ya!

Via pcworld.com

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==