Saat Apple meluncurkan iPhone 7 dan 7 Plus, dunia langsung ramai membicarakan keputusan mereka untuk menghilangkan fitur jack audio. Namun, masih ada satu lagi fitur yang juga dihilangkan oleh Apple, namun sedikit sekali orang yang membahas bagian ini, yakni tombol home fisik berbentuk bulat yang sudah menemani iPhone sejak generasi pertama.

Rendahnya jumlah orang yang membahas hilangnya tombol home fisik ini terbilang wajar. Karena secara penampilan, tombol ini masih terpampang jelas dan tidak memperlihatkan perubahan apapun. Tapi jika sudah ditekan, Gadgeteers akan merasakan sensasi yang agak berbeda dari tombol fisik yang sudah dikenal sejak lama. Apple memang mengganti tombol fisik ini dengan tombol sentuh yang didukung sistem getaran motorik bernama Taptic Engine. Sistem ini bertujuan untuk meniru sensasi yang diberikan saat kita menekan tombol fisik.

Apple iPhone 7

Meskipun kekuatan getaran bisa diatur oleh pengguna (dari 1 sampai 3), ternyata tidak sedikit yang mengeluhkan jika feel dari tombol sentuh ini tidak bisa menyerupai tombol fisik. Jadi kenapa Apple memutuskan untuk mengganti sesuatu yang tidak bermasalah?

Ternyata di belahan dunia lain seperti di Asia dan negara Amerika Latin seperti Tiongkok dan Brazil, mayoritas pengguna iPhone sudah sangat jarang memanfaatkan tombol home fisik, dan lebih menggunakan fitur bernama AssistiveTouch. Fitur yang memunculkan tombol home virtual di dalam layar ini lebih banyak digunakan agar tombol home di iPhone mereka menjadi lebih awet.

9to5mac.com9to5mac.com

Selain alasan sudah terbiasa dan lebih praktis, bukan rahasia lagi jika banyak pengguna yang menggunakan AssistiveTouch karena khawatir akan daya tahan tombol home di iPhone mereka. Padahal, Apple sudah melakukan banyak percobaan yang menunjukkan kalau tombol ini mampu bertahan dalam pemakaian rutin selama bertahun-tahun. Pengguna memang masih dihantui oleh isu pada beberapa tahun lalu yang menyebutkan jika tombol ini rentan mengalami kerusakan, sehingga akan menambah biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Melihat tren tersebut, mungkin itulah alasan Apple untuk memperbarui tombol fisik mereka menjadi tombol sentuh. Selain itu, penggunaan tombol sentuh juga bisa membuat daya tahan ponsel tehadap air menjadi lebih kuat.

via phonearena.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Seorang penggila teknologi yang menyukai 3D modelling dan motion graphic, diselingi dengan menulis dan membuat video.