Apple: Menutup Aplikasi Bukan Cara Terbaik Menghemat Baterai | Informasi Gadget Terbaru 2017

Apple: Menutup Aplikasi Bukan Cara Terbaik Menghemat Baterai


Apple iPhone 6s (ilustrasi)

Jika selama ini Anda bersusah payah memilih dan memilah aplikasi yang akan ditutup/dinon-aktifkan di smartphone, dengan harapan bisa menghemat konsumsi baterai iPhone, ternyata tak sejalan dengan pemikiran dari pihak Apple.

Craig Federighi selaku Apple iOS Chief, mengatakan bahwa menutup aplikasi di perangkat iOS untuk tujuan menghemat baterai, tak ubahnya seperti mitos belaka. Craig menegaskan bahwa itu tak perlu. Dia pun mengatakan tak memiliki kebiasaan menutup aplikasi yang aktif di belakang yang sudah tak digunakan, untuk sekedar ingin berhemat baterai.

Sebelumnya, Craig Federighi yang bertugas mengepalai dan mengawasi pengembangan iOS dan OS X, menanggapi sebuah email dari pengguna Apple yang sejatinya dikirimkan kepada CEO Apple, Tim Cook. Dalam email itu, pengguna perangkat Apple itu bertanya ke Tim Cook, “Apakah jika kita mematikan (menutup) multitasking aplikasi iOS bisa berpengaruh pada penghematan baterai?”. Craig Federighi membalas email dengan jawaban sederhana. “Sama sekali tidak ada pengaruh,” tulisnya.

Halaman Apple Support sendiri menyatakan bahwa secara umum tidak perlu memaksakan diri menutup dan mematikan banyak  aplikasi, kecuali aplikasi itu tidak merespon. Itu disebabkan karena sebagian besar aplikasi yang muncul dalam tampilan multitasking saat pengguna menekan dua kali tombol home, tidak benar-benar “berjalan”.

Apple mengatakan bahwa layanan lokasi atau navigasi malah yang cenderung banyak menghabiskan daya baterai. Malah ide baiknya yakni menonaktifkan kemampuan refresh aplikasi di belakang, untuk berhemat baterai. Beberapa aplikasi seperti Facebook, kemungkinan adalah biang keladi “penyedot” daya baterai cukup besar ketimbang aplikasi lainnya. (Nariswari)

sumber


Bagikan Info ini ke teman Anda Yuk …

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==