ASUS berkolaborasi dengan Google dalam meluncurkan dua varian notebook terbaru yang dikemas dengan sistem operasi Chrome OS. ASUS menargetkan notebook yang lebih dikenal dengan sebutan Chromebook ini pada kalangan yang dinamis dan memiliki mobilitas tinggi karena dimensinya yang cocok untuk dibawa-bawa.

Adapun kedua model Chromebook yang hadir di Indonesia adalah Chromebook C201PA dan C100PA.

Asus Chromebook

ASUS Chromebook C201PA dinobatkan sebagai Chromebook dengan bobot paling ringan di dunia karena bobot yang dimilikinya berada di bawah angka 1KG. Dari segi spesifikasi, perangkat ini dibekali prosesor Quad-core ARM Cortex-A17 berkecepatan up to 1.8GHz, GPU Mali-T760 berkecepatan 600MHz yang sudah mendukung OpenGL ES 3.1, OpenCL 1.1, Renderscript dan Direct3D 11.1. Chromebook dengan ukuran layar 11.6 inci beresolusi HD ini sudah didukung dengan penyimpanan internal 16GB dan RAM 4GB.

Sedangkan untuk C100PA, perangkat ini diklaim ASUS sebagai Chromebook lipat multifungsi pertama di dunia. ASUS memang mengedepankan aspek multifungsi di C100PA karena memiliki beberapa mode, sepert mode tablet, standing, tent, dan mode notebook biasa. ASUS juga mengklaim jika daya tahan baterai di C100PA bisa digunakan selama 9 jam tanpa henti. Chromebook dengan luas layar IPS 10.1 inci ini memiliki fitur touchscreen dan didukung dengan spesifikasi seperti prosesor Rockship 3288 Quad Core, RAM 4GB, dan penyimpanan internal 16GB.

Asus Chromebook

Buat Gadgeteers yang belum pernah mendengar apa itu Chromebook, mungkin heran kenapa luas penyimpanan internalnya hanya 16GB, jauh berbeda dengan notebook yang biasanya berkapasitas 500GB. Sistem di Chrome OS memang tidak membutuhkan banyak program khusus agar bisa berjalan. Pengguna bisa mendapatkan beragam aplikasi melalui Web Store, yang merupakan pasar aplikasi untuk Chrome OS yang mirip dengan GooglePlay Store. Chromebook diperkirakan akan semakin diminati mengingat seluruh aplikasi yang ada di Google Play Store juga akan bisa diakses pengguna Chromebook.

WNArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Seorang penggila teknologi yang menyukai 3D modelling dan motion graphic, diselingi dengan menulis dan membuat video.