Melakukan screenshot tentu tidak hanya dapat dilakukan dalam perangkat smartphone saja, dalam perangkat PC/laptop pun Gadgeteers dapat dengan mudah melakukan hal tersebut. Biasanya salah satu cara mudah untuk melakukan screenshot di PC/laptop adalah dengan menekan tombol seperti prt sc.

Namun beda ceritanya kalau layar yang ingin kita simpan, tidak cukup dalam satu page, nah bagaimana kalau sudah begitu? Tenang! Kali ini @GadgetGaul punya cara mudah untuk melakukan screenshot panjang – full page.

mozilla-quantum-screenshotfossbytes.com

Untuk dapat melakukan hal tersebut Gadgeteers diharuskan menggunakan browser terbaru dari Mozilla yakni Firefox Quantum. Untuk dapat menggunakan fitur ini pastikan browser Firefox Quantum Gadgeteers sudah berada pada versi 5.7. Selanjutnya untuk melakukan screenshot Gadgeteers tekan ikon tiga titik pada Address Bar. Lalu akan muncul menu drop-down tambahan dan tinggal pilih menu “Take a Screenshot”.

Selanjutnya pilih “Save full page” untuk melakukan screenshot satu halaman website, tetapi Gadgeteers juga dapat melakukan screenshot halaman yang terlihat pada layar dengan memilih “Save visible”. Selain dua opsi tersebut Gadgeteers juga dapat melakukan screenshot pada bagian tertentu di halaman web tersebut yakni cukup dengan menggerakkan kursor.

Nah, kembali ke tujuan awal. Setelah memilih salah satu opsi “Save full page” atau “Save visible” Gadgeteers tinggal tekan ikon download yang ada. Selain langsung menyimpan di PC/laptop itu, pengguna pun diberikan opsi untuk menyimpannya di cloud Mozilla. Menariknya secara otomatis file screenshot tersebut bakal hilang dalam waktu 14 hari.

featured image via redbubble.net
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

A Young Entrepreneur. Speak 4 languages : English, Indonesia, Deutsch (German) and of course Sunda.
Former MC and Radio Announcer. Now living as writer and selling premium Quality Bags at www.instagram.com/dreissig.id

Business inquiries :
+6287825521892 or [email protected]