Siapa yang sekarang tidak mengenal Xiaomi, salah satu perusahaan terkenal yang berasal dari Tiongkok ini beberapa tahun terakhir memang menjadi salah satu ponsel yang banyak digunakan di Indonesia. Namun sama halnya dengan perangkat dari brand lainnya, tidak selamanya perangkat Xiaomi yang Gadgeteers miliki akan selalu dalam kondisi terbaiknya.

Kadang ada masa “sial” yang di saat tersebut terjadi pada salah satu perangkat Xiaomi yakni Redmi Note 2. Kendala yang terjadi dan mungkin paling menyebalkan adalah stuck pada logo Xiaomi. Nah, dalam kesempatan ini @GadgetGaul akan membahas tentang bagaimana cara mengatasinya Xiaomi Redmi Note 2 stuck di logo.

Metode 1 – Menggunakan Factory Reset via Mi Recovery

Factory Reset adalah proses menghapus data yang ada di dalam perangkat secara keseluruhan. Jadi sebelum melakukan hal ini diharapkan Gadgeteers melakukan backup terlebih dahulu. Selain itu juga, pastikan Gadgeteers mengingat password akun Google maupun Mi Account.

  • Matikan terlebih dahulu perangkat Redmi Note 2-nya. Lalu dalam keadaan mati, tekan tombol volume atas + bawah + power secara bersama-sama dan tahan kemudian setelah muncul logo Mi, lepaskan.
  • Perhatikan prosesnya, bila benar maka akan masuk ke Mi Recovery. Pilih Bahasa yang dapat Gadgeteers pahami dengan menggunakan volume naik atau turun dan power sebagai enter.
  • Setelah sudah pilih menu Wipe & Reset lalu pilih Wipe Cache dan lakukan konfirmasi.

wipe-data-mi-recovery

  • Setelah melakukan Wipe Cache, lakukan Wipe User Data dan prosesnya pun bergulir sama seperti Wipe Cache.
  • Kalau sudah muncul tulisan complete maka Gadgeteers dapat melakukan reboot dengan milih Reboot to System dan secara otomatis perangkat Xiaomi Redmin Note 2 Gadgeteers pun akan otomatis menyala kembali.

Metode pertama ini merupakan cara dasar yang dapat dilakukan dengan mudah. Setelah proses Reboot to System tadi perangkat Gadgeteers tidak kunjung masuk ke homescreen, maka harus mengikuti metode kedua di bawah ini:

Metode 2 – Menggunakan TWRP dan ADB Fastboot

Dalam metode ini, Gadgeteers membutuhkan dua bahan di bawah ini:

Setelah kedua file tersebut Gadgeteers unduh dan file TWRP extract di PC/laptop. Maka lanjutkan ke cara di bawah ini dengan keadaan ponsel mati.

  • Dalam keadaan mati, tekan dan tahan secara bersamaan tombol volume bawah + power sampai masuk ke mode fastboot.
  • Sudah masuk ke mode tersebut segeralah hubungkan dengan kabel USB ke PC.
  • Lalu setelah terhubung, buka folder Flash-TWRP-Redmi-Note-2 dan pilih (double clickfile Flash-TWRP.bat.
  • Ketika sudah muncul tulisan press any key to continue, lakukan seperti yang diperintahkan. Flash TWRP via Fastboot pun dimulai.
  • Setelah selesai, tekan tombol volume atas + power Redmi 2 Note 2 Gadgeteers. Jangan dilepas kalau logo Mi belum muncul ya!
  • Sekarang Gadgeteers sudah masuk ke TWRP. Tidak seperti Mi Recovery, dalam TWRP ini support dengan file transfer via MTP, jadi Gadgeteers pindahkan ROM MIUI yang sudah diunduh tadi ke internal atau Memory Card.

wipe-data-twrp

  • Bila sudah, maka lakukan Wipe kemudian Swipe to Factory Reset (masih pada TWRP).

flash-miui-7

  • Selanjutnya install dan pilih file miui_HMNote2Global_V7.1.3.0.LHMMICK_8f1ce11602_5.0.zip.
  • Geser lalu pilih Swipe to Confirm Flash
  • Proses flashing ini membutuhkan waktu, jadi harap Gadgeteers sabar. Bila sudah selesai nantinya dapat lakukan reboot system.

Proses booting sendiri akan memakan waktu sekitar 10 menit lebih, jadi jangan dahulu panik.

Jadi itu dia cara bagaimana memperbaiki Xiaomi Redmi Note 2 yang error atau stuck di logo. Bagaimana? Apakah sekarang perangkatnya sudah berkerja dengan normal?

featured image via geekbuying.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

An overseas travel writer. A Indonesian living in Germany.
Business inquiries :
[email protected]