Cara Menggunakan WhatsApp Business (& Perbedaan dengan WhatsApp Messenger) | Informasi Gadget Terbaru 2017

Cara Menggunakan WhatsApp Business (& Perbedaan dengan WhatsApp Messenger)

Kemarin (19/1), GadgetGaul telah mengabarkan jika aplikasi WhatsApp Business secara resmi tersedia di beberapa negara tertentu termasuk Indonesia. Akan banyak pemilik usaha kecil di Indonesia yang mengimplementasikan aplikasi tersebut untuk kemudahan penjualan dan interaksi dengan calon pelanggan.

Untuk itu, berikut GadgetGaul infokan bagaimana cara menggunakan aplikasi WhatsApp Business, serta fitur-fitur apa saja yang menjadi pembeda aplikasi tersebut dengan WhatsApp Messenger biasa. Cara installnya cukup mudah, Gadgeteers cukup mengunduhnya lewat Google Play Store di sini. Oh ya, hingga tulisan ini dibuat, WhatsApp Business hanya tersedia untuk perangkat Android saja. Belum ada informasi jika aplikasi ini akan tersedia di iOS, meski WhatsApp mengatakan akan berencana untuk memberi dukungan pada platform lain.

Screenshot_2018-01-20-11-00-51

Agar mudah membedakan dengan versi Messenger, logo WhatsApp Business dibuat sedikit berbeda.

Jika sudah ter-install, maka lanjutkan proses membuat akun selayaknya menggunakan aplikasi WhatsApp untuk pertama kali. Oh ya, nomor yang digunakan untuk WhatsApp Business harus berbeda dengan nomor yang sudah digunakan untuk WhatsApp Messenger, kecuali Gadgeteers memang ingin memindahkan nomor yang awalnya untuk akun personal ke akun bisnis. Jika nomor telah digunakan, akan muncul notifikasi seperti berikut.

Screenshot_2018-01-20-10-25-56

Setelah verifikasi nomor, juga akan muncul opsi untuk backup data obrolan ke Google Drive. Setelah itu Gadgeteers perlu menentukan nama profil akun bisnis. Tidak seperti profil Messenger, profil bisnis tidak mengizinkan Gadgeteers untuk mengganti nama dikemudian hari.

Screenshot_2018-01-20-10-29-42-horz

Jika sudah selesai, maka Gadgeteers akan masuk ke halaman utama yang hampir sama persis seperti WhatsApp Messenger. Tersedia tab untuk akses perpesanan, status, telepon serta menu untuk update status. Perbedaan yang mencolok di halaman utamanya hanyalah skema warna yang digunakan WhatsApp Business saja.

Screenshot_2018-01-20-10-30-33-horz-vert

Di menu Settings, terdapat sub-menu baru bernama “Business Settings”. Di dalamnya terdapat fitur-fitur baru yang bisa Gadgeteers manfaatkan untuk mengatur akun bisnis agar lebih mudah dikenali dan mudah digunakan untuk berkirim pesan. Dalam menu tersebut juga tersedia menu statistik yang menampikan jumlah pesan terkirim, pesan yang diterima dan pesan terbaca selama akun bisnis berjalan.

Screenshot_2018-01-20-10-31-09-horz

Pada menu profil, Gadgeteers dapat mengkustomisasi profil bisnis seperti lokasi, jenis dan deskripsi bisnis, jam buka tutup usaha, alamat email serta website. Kami sarankan untuk mengisi profil ini selengkap mungkin agar pelanggan yang nantinya hendak berinteraksi bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan juga akurat.

Screenshot_2018-01-20-10-32-16-horz

Sebagai pelanggan, Gadgeteers juga akan dapat mengetahui jika suatu profil merupakan akun bisnis. Akan ada pemberitahuan di dalam kolom chat, dan profil menampilkan informasi tambahan seperti alamat, kategori, waktu operasional dan lainnya.

IMG_0854-horz

Tampilan akun bisnis yang diakses dari ponsel pelanggan.

Fitur penting yang juga diberikan WhatsApp pada aplikasi bisnis ini adalah messaging tools; quick replies, greeting messages dan away messages. Quick replies memudahkan Gadgeteers untuk membuat format pintasan tertentu agar komunikasi dengan pelanggan bisa lebih cepat. Hendak menjual berbagai macam jenis makanan, misalnya, Gadgeteers cukup membuat pintasan dengan keyword “/menu” dan secara otomatis menu akan terkirim ke pelanggan. Mempersingkat waktu ketik pesan.

Screenshot_2018-01-20-10-40-44-horz

Greeting messages juga bisa dimanfaatkan untuk menyapa pelanggan secara otomatis saat pertama kali mereka berinteraksi dengan akun bisnis milik Gadgeteers. Sedangkan away messages dapat mengirim pesan otomatis untuk memberitahu pelanggan jika bisnis sedang tutup, misalnya saat pelanggan kirim pesan diluar jam kerja maupun pada hari libur. Walaupun away messages sudah diatur, Gadgeteers masih tetap bisa mengambil alih dan melanjutkan komunikasi diluar jam kerja.

Screenshot_2018-01-20-10-34-15-horz

Dengan memanfaatkan WhatsApp Business, semoga Gadgeteers yang memiliki usaha dapat menjaring lebih banyak pelanggan dengan mudah ya. Menemukan perbedaan lain antara WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger? Beritahu kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==