Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Terbaru dengan NIK Semua Operator | Informasi Gadget Terbaru 2017

Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Terbaru dengan NIK Semua Operator

Penggunaan kartu prabayar di tanah air kembali mengalami perubahan khususnya pada prosedur registrasi. Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kemenkominfo) mewajibkan pendaftaran menggunakan NIK yang terdapat di KTP serta nomor KK.

Cara registrasi ini menuai banyak respon, ada yang negatif tapi ada juga yang positif karena konon katanya justru akan melindungi pengguna dari pengirim pesan spam atau penipuan. Kabar ini juga sempat menjadi trending di jejaring sosial Facebook dan Twitter selama dua hari terakhir.

Mengacu pada perubahan aturan, maka format SMS yang digunakan juga akan berbeda dari sebelumnya dan juga antara satu operator dengan operator lainnya.

Untuk pengguna baru kartu Tri, Smartfren, dan Indosat, pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan: (16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Sedangkan untuk pelanggan baru yang memilih kartu XL, harus menggunakan format: DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Kemudian untuk pelanggan baru kartu Telkomsel wajib menggunakan format: REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Lalu bagaimana dengan pelanggan lama? Bagi mereka yang sudah lama menggunakan kartunya SIM-nya, baik Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, atau Smartfren mendaftar ulang dengan mengirimkan SMS ke 4444 menggunakan format sebagai berikut: ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Yang membuat cara ini berbeda, pengguna diharuskan memakai NIK dan nomor KK yang asli mulai 31 Oktober 2017 mendatang. Sedangkan untuk pendaftaran ulang paling lambat dilakukan sebelum 28 Februari 2018.

Apabila pendaftaran melalui pesan singkat gagal, pengguna mempunyai alternatif registrasi melalui gerai, situs, atau aplikasi yang ditawarkan oleh operator.

Selain wajib menggunakan NIK asli, semua nomor juga wajib mengikuti aturan baru ini. Jika tidak dipenuhi, siap-siap menerima sanksi, nomor tidak bisa digunakan lagi. Bagaimana pendapat, Gadgeteers?

via Tekno.kompas.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==