Cara Unreg Nomor SIM Prabayar Yang Sudah Teregistrasi | Informasi Gadget Terbaru 2017

Cara Unreg Nomor SIM Prabayar Yang Sudah Teregistrasi

Seperti yang Gadgeteers ketahui, peraturan di Indonesia mengharuskan kita untuk melakukan registrasi nomor SIM prabayar menggunakan NIK dan KK. Satu nomor NIK dan KK maksimal hanya bisa digunakan untuk mendaftar tiga nomor SIM prabayar saja. Lalu bagaimana jika kedepannya Gadgeteers hendak mengganti atau menghapus nomor yang sudah terdaftar?

Ya, jika dalam satu NIK dan KK sudah digunakan untuk mendaftar tiga nomor, maka kalau Gadgeteers ingin menambahkan nomor prabayar baru, otomatis harus menghapus salah satu nomor yang sudah terdaftar. Untuk mengantisipasi adanya hal ini, semua operator seluler di Indonesia telah menyiapkan fasilitas untuk unreg, atau membatalkan nomor yang sudah diregistrasi. Berikut caranya dari masing-masing operator.

Untuk operator Telkomsel, Gadgeteers bisa melakukan proses unreg dengan menelepon kode USSD *444# lewat ponsel, dan pilih poin nomor 3 atau UNREG. Masukkan 16 digit NIK dan tekan kirim. Operator XL/Axis menyediakan dua cara untuk membatalkan registrasi, yaitu melalui SMS dengan format UNREG#nomor ponsel# (contoh: UNREG#0812345678#) dan kirim ke 4444, atau menelepon kode USSD *123*4444# lewat nomor yang ingin di-unreg.

Untuk Gadgeteers pelanggan nomor Indosat, unregistrasi dapat dilakukan melalui SMS dengan format UNPAIR#nomor ponsel# (contoh: UNPAIR#0812345678#) dan kirim ke 4444. Sedangkan pelanggan nomor prabayar Tri hanya dapat melakukan proses unreg lewat laman web resminya, yakni registrasi.tri.co.id, kemudian pilih menu Unreg dan masukkan data-data yang dibutuhkan.

Yang terakhir adalah untuk pelanggan nomor prabayar Smartfren. Sama seperti operator XL/Axis, Smartfren menyediakan dua cara untuk unreg, yaitu via SMS dengan format UNREG#NIK# (contoh: UNREG#3123456789#) ke 4444, atau dengan mengunjungi laman mysf.id/unreg. Untuk cara kedua, pastikan Gadgeteers mengaksesnya dengan jaringan Smartfren dan mematikan data saver seperti pada gambar berikut.

unreg_prabayar_1

Untuk diketahui, batas akhir registrasi kartu SIM prabayar jatuh pada hari Senin kemarin (30/4). Pemblokiran total akan dilakukan per hari ini, 1 Mei 2018. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ahmad Ramli mengatakan kepada Tirto, “Operator telekomunikasi seluler wajib melakukan pemblokiran layanan pada 1 Mei 2018 bagi nomor prabayar yang belum registrasi ulang”. Walau begitu, Gadgeteers masih dapat melakukan registrasi dengan mengunjungi pusat operator seluler terdekat.

Via tirto.id

WNArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==