Mudahnya akses transportasi dan teknologi informasi membuat antusiasme orang Indonesia untuk berpelesir ke luar negeri semakin tinggi. Tercatat tahun 2017 saja angka kunjungan wisata Indonesia naik 8,3%, yaitu 9,1 juta orang. Menariknya lagi, kebanyakan pengunjungnya adalah orang muslim.

Berangkat dari data ini, Mikhaol Goh dan juga istrinya berinisiatif meluncurkan Have Halal, Will Travel (HHWT), sebuah platform berbasis konten yang menyediakan informasi tentang wisata. Bisa dibilang HHWT ini seperti pemandu wisata digital yang bisa memberikan rekomendasi populer di sebuah negara, seperti Hong Kong, London, Jepang dan masih banyak lagi.

Have Halal Will Travel - Sofia

Saat ini, HHWT sudah berhasil dijangkau oleh 9 juta muslim dari kawasan Indonesia, Malaysia dan Singapura per bulannya. Makanya, untuk tetap bisa menyenangkan pengunjung, mereka perlu memperkuat infrasutruktur back-end agar tetap bisa beroprasi dengan baik kendati punya visitor yang membludak.

Disamping sebuah chatbot dianggap sangat penting di mana platform ini mengkombinasikan kecanggihan cloud Azure milik Microsoft. Chatbot ini yang akan membantu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung selama 24 jam x 7 hari. Menuurt Mikhail, chatbot ini dinamakan Sofia yang nanti bisa menjawab dan menjelaskan semua pertanyaan yang diajukan oleh individu. Kerennya lagi, chatbot ini disiapkan dalam waktu yang sangat cepat berkat bantuan teknologi PleoData.

Kelebihan yang dimiliki oleh platform ini adalah kemampuannya untuk mempersempit hasil pencarian, sehingga hasilnya lebih akurat dan sesuai kebutuhan pengguna.

via Liputan6.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.