Toko game populer Steam secara tiba-tiba tidak dapat diakses di Malaysia setelah pemerintahnya memblokir layanan tersebut. Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) telah memblokir Steam untuk pengguna di negara tersebut menyusul ditemukannya game Fight of Gods – sebuah game perang dimana tokoh sakral Buddha dan Yesus saling berhadapan dalam pertempuran.

Game tersebut juga menampilkan dewa-dewa seperti Odin, Amaterasu, dan Musa. Penambahan terbaru bahkan menyertakan Buddha Gautama dan Yesus yang kemudian membuat badan keagamaan Malaysia bertindak keras.

Banned

Dewan Konsultatif Agama Buddha, Kristen, Hinduisme, Sikhisme dan Taoisme Datuk RS Mohan Shan mengatakan bahwa permainan tersebut melecehkan agama dan pemimpin mereka.

“Ini adalah masalah yang sangat sensitif, dan ini sama sekali tidak dapat diterima. Kita tidak pernah bisa menyetujui permainan seperti itu. Pemerintah harus segera mengambil tindakan untuk melarang penjualan game tersebut di sini, “katanya.

“Ini juga tidak sehat bagi anak-anak karena mereka mungkin mengidolakan karakter tertentu dalam permainan yang mereka anggap lebih kuat karena jumlah kemenangan yang mereka dapatkan dengan karakter itu.”

Fight of Gods

Fight of Gods adalah game yang dikembangkan oleh pengembang Digital Crafter yang saat ini meminta umpan balik dari komunitas Steam untuk dewa-dewa mana yang akan ditambahkan di pembaruan berikutnya. Saat ini, Buddha yang dipandang sebagai avatar Lord Vishnu dalam Hinduisme, tidak ada dalam permainan saat ini.

Sementara itu pihak pengembang Fight of Gods menampik tudingan bahwa game buatannya dimaksudkan untuk menghina atau mengajarkan pemahaman yang salah. Tapi game telah dirancang dengan standar dan berdasarkan kebebasan dalam berkarya. Mereka tetap menghargai keputusan orang yang tidak bersedia memainkan game-nya.

via Thesundaily.my
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.