Dibongkar, iPhone SE Masih Gunakan Beberapa Komponen Lawas | Informasi Gadget Terbaru 2017

Dibongkar, iPhone SE Masih Gunakan Beberapa Komponen Lawas


Apple belum lama merilis salah satu jajaran smartphone terbarunya, yang ditujukan untuk para penggemar layar 4 inci. Diberi nama iPhone SE, smartphone tersebut memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda dengan smartphone Apple sebelumnya, iPhone 5s, baik dari segi desain dan ukurannya. Namun yang menarik adalah, pada iPhone SE ini meski menggunakan layar berukuran kecil, chipset yang diusungnya mirip seperti jajaran flagship-nya, iPhone 6s, dengan menggunakan chipset A9.

Komponen pada iPhone SE yang telah dibongkar (Kredit; iFixit)

Namun terlepas dari itu semua, ternyata Apple masih menggunakan beberapa komponen lawas pada perangkat smartphone terbaru dari Apple ini. Seperti yang diberitakan oleh GSM Arena, Jumat (1/4/2016), disebutkan bahwa salah satu perusahaan teknologi mencoba membongkar iPhone SE ini karena ingin melihat, komponen apa saja yang ada pada smartphone tersebut.

Setelah dibongkar, mereka mendapati bahwa iPhone SE ini nampaknya masih menggunakan beberapa komponen lawas, yang digunakan pada smartphone seri sebelumnya. Sebut saja penggunaan modul kamera depan yang dikabarkan mirip dengan modul kamera depan iPhone 5. Tidak hanya itu, controller pada bagian layar sentuhnya juga mirip seperti pada perangkat iPhone 5s, sehingga wajar saja bila pada iPhone SE ini tidak didapati 3D Touch.

Beberapa modul yang terdapat pada iPhone SE, gabungan dari iPhone 5 hingga iPhone 6s (Kredit: Chipworks)
Beberapa modul yang terdapat pada iPhone SE, gabungan dari iPhone 5 hingga iPhone 6s (Kredit: Chipworks)

Untuk bagian chipset jelas iPhone SE mirip dengan iPhone 6s, yang menggunakan chipset A9. Selain itu, beberapa komponen iPhone 6s yang mirip digunakan pada iPhone SE ini antara lain, komponen penyimpanan, modul suara, NFC, dan bagian sensornya. Sedangkan untuk bagian modem, iPhone SE ini menggunakan komponen yang sama dengan iPhone 6.

Ternyata smartphone baru tidak melulu komponen yang dipakai baru juga ya. Tapi meski begitu, iPhone SE ini mampu bersaing dengan seniornya, iPhone 6s, bahkan dibeberapa pengujian benchmark, iPhone SE ini mendekati performanya dengan sang kakak.

(ND)


Bagikan Info ini ke teman Anda Yuk …

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==