Kabar Facebook mulai mengembangkan fitur tombol ‘downvote’ belakangan semakin santer terdengar. Sayangnya menurut rumor tombol ‘downvote’ ini tidak sembarang ada di semua tipe postingan, mereka membatasinya untuk beberapa jenis pos saja.

Kasak-kusuk mengenai tombol ‘dislike’ ini sudah berlangsung secara bertahun-tahun dari user dan sekarang digosipkan sedang dalam pengembangan. Di lain pihak, perusahaan terkenal seperti Reddit yang menggunakan fitur ini menampilkan respon yang beragam berdasarkan sejumlah studi dimana user kerap menyembunyikan hasil ‘downvote’ ini dari user yang lainnya.

Sementara itu, sejumlah komunitas lain memilih me-non-aktifkan  tombol ‘downvote’ demi mencegah downvoting masal pada berbagai konten yang mengandung kontroversi. Masih belum jelas apakah fitur ini akan disebarkan ke semua user dan pihak Facebook sendiri sampai sekarang masih belum memberikan komentar apa pun. Hanya mereka mengkonfirmasikan bahwa fitur dislike tersebut tidak sedang dalam proses ujicoba.

dislike-button-bi-teal-2x1

“Kami sedang tidak melakukan tes tombol ‘dislike’. Kami sedang mengeksplor sebuah fitur kepada pengguna untuk mendapatkan feedback soal post yang disetting ‘public’. Hal ini hanya dilakukan di U.S saja.”

Terkait klarifikasi ini, Facebook mengatakan bahwa fitur yang sedang dites pada 5% pengguna Android ini tidak memberikan efek pada ranking dan ikon downvote juga tidak ditampilkan.

Mungkin kalau fitur ini benar-benar ditampilkan akan berefek pada perang komentar antar pengguna, terlebih lagi bila berkaitan dengan hal-hal yang kontroversial.

via Techcrunch.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.