Gawat! Indonesia No.2 Terserang Malware ‘Godless’ | Informasi Gadget Terbaru 2017

Gawat! Indonesia No.2 Terserang Malware ‘Godless’

[ad_1]


ilustrasiilustrasi


Para peneliti Trend Micro telah menemukan versi baru dari malware mobile “Godless” yang menargetkan perangkat Android 5.1 Lollipop atau sebelumnya. Parahnya, itu berarti hampir 90% dari semua perangkat Android digunakan di seluruh dunia rentan terhadap ancaman.


Godless mirip dengan sebuat exploit kit, memiliki beberapa eksploitasi, dan menggunakan kerangka open source rooting yang disebut android-rooting-tools. Berikut pernyataan resmi Trenc Micro:  “Berdasarkan data yang dikumpulkan dari Trend Micro Aplikasi Ponsel Reputasi Layanan kami, aplikasi berbahaya yang berhubungan dengan ancaman ini dapat ditemukan di toko-toko aplikasi terkemuka, termasuk Google Play, dan telah mempengaruhi lebih dari 850.000 perangkat di seluruh dunia.”


Menurut Trend Micro, setelah mendapatkan hak root istimewa, malware kemudian dapat mengendalikan perangkat dari jauh secara diam-diam, menginstal perangkat lunak yang tidak diinginkan pada perangkat yang terkena dampak, atau bahkan lebih buruk yakni untuk memata-matai pengguna.


Godless Images Data 2016 Juni Thumb Other400 0


Trend Micro menemukan berbagai aplikasi di Google Play yang berisi kode berbahaya ini. Aplikasi berbahaya diantaranya disisipkan pada aplikasi utilitas seperti senter dan aplikasi Wi-Fi. Misalnya, aplikasi senter berbahaya di Google Play yang disebut “Summer Senter” yang terdapat kode Godless berbahaya. Aplikasi tersebut tampaknya telah dihapus dari Google Play.


Trend Micro juga menampilkan table daftar Negara dengan prosesntasi tertinggi yang terserang malware ‘Godless’. Indonesia berada pada posisi kedua terbanyak di bawah India.  Saran dari Trend Micro agar terhindari dari malware ini yakni Anda harus selalu melakukan pemeriksaan latar belakang pada pengembang, memasang antivirus dipercaya juga mungkin ide yang baik, serta menghindari aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya. (*)


Sumber: Trend Micro

[ad_2]
Bagikan Info ini ke teman Anda Yuk …

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==