Setelah melakukan rombakan besar untuk antarmuka layanan email-nya, Google ternyata belum berhenti memberikan kegembiraan bagi pengguna setianya. Baru-baru, raksasa internet itu kembali meluncurkan fitur baru bernama Nudge, tambahan ekstra untuk membantu pengguna merespon email yang terlupakan. Nah, setelah hadir di web, fitur yang sama ternyata sudah tiba pula di platform mobile.

Pembaruan yang digulirkan di sisi server ini tiba di Gmail v8.4.22 dan v8.4.8 sebagaimana dilaporkan oleh AndroidPolice. Peluncuran fitur ini tampaknya masim dalam proses yang berkelanjutan, dan jika Gadgeteers belum menemukannya, jangan khawatir karena dalam beberapa hari ke depan, kemungkinan besar bakal muncul di semua perangkat Android dan iOs. Untuk memeriksanya, cukup buka pengaturan email di aplikasi Android dan iOS, dan lihat apakah ada opsi Nudges baru yang muncul di sana.

Gmail nudge_2

Seperti tadi sudah disinggung sebentar, fitur Nudge berperan sebagai asisten yang bertugas mengingatkan pengguna agar merespon email di kotak masuk mereka. Fitur ini akan menempatkan email yang terlupakan di bagain teratas daftar Kotak Masuk pengguna. Dengan begitu, tak ada satupun email penting yang akan terlewatkan. Fitur ini terbukti bermanfaat bagi semua pengguna bisnis yang menerima banyak email, dan terkadang di tengah kesibukan, mereka lupa membalas email penting tersebut.

Secara default, fitur Nudge dalam posisi menyala atau aktif. Jadi, jika pengguna ingin melepaskannya dari aplikasi, cukup buka menu Pengaturan Gmail dan pilih opsi Nudges. Ada dua opsi yang ditawarkan, Suggest Emails to Reply to dan Suggest Emails to Follow up on. Dan pengguna bebas memilih untuk mematikan sesuai dengan preferensi masing-masing.

via Cnet.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.