Google Rilis Aplikasi Android Science Journal untuk Eksperimen Sains | Informasi Gadget Terbaru 2017

Google Rilis Aplikasi Android Science Journal untuk Eksperimen Sains

[ad_1]

Ketika berbicara tentang aplikasi untuk smartphone, Google Play Store merupakan surga bagi mereka yang haus akan aplikasi mobile, entah itu yang gratis maupun berbayar. Ini juga merupakan tempat di mana Google suka mengejutkan pengguna Android dengan merilis aplikasi menarik atau aplikasi pendidikan yang memiliki kemampuan khusus.

Science Journal

Seperti yang dikutip dari Softpedia, Senin (23/5/2016), kali ini, perusahaan baru saja merilis aplikasi Science Journal, sebuah aplikasi bagi pengguna Android untuk melakukan percobaan ilmiah pada smartphone mereka. Aplikasi ini khusus ditujukan untuk keperluan pendidikan atau penelitian ilmiah.

Pada ajang Google I/O 2016, Google tak hanya memperkenalkan aplikasi layanan perpesanan Allo, aplikasi video calling Duo, dan VR Daydream saja, namun perusahaan yang bermarkas di California ini juga merilis aplikasi Science Journal. Aplikasi tersebut baru-baru ini diposting ke Google Play Store dan juga memiliki website khusus di mana pengguna dapat belajar bagaimana menavigasi dan melakukan eksperimen dengan menggunakan aplikasi gratis Science Journal.

Science Journal

Pengguna harus menyediakan beberapa informasi diri untuk aplikasi tersebut, seperti tanggal ulang tahun, sebelum mereka benar-benar dapat memulai aplikasi tersebut. Aplikasi ini menggunakan sensor yang ada di smartphone untuk membuat berbagai perhitungan berdasarkan lingkungan sekitar dari pengguna.

Science Journal dapat menghitung kecerahan lampu dan menampilkan jumlah cahaya, mengukur di dalam lux, dan menggunakan sensor cahaya ambient. Intensitas suara juga dapat dihitung dan ditampilkan dalam desibel. Aplikasi akan mengaktifkan sensor suara telepon atau mikrofon dan menampilkan pengukuran pada layar smartphone.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga mendukung pilihan untuk menghitung percepatan ponsel ke kiri atau kekanan, depan atau ke belakang. Catatan dari aplikasi tersebut akan disusun dalam sebuah grafik, melacak berbagai eksperimen dan bahkan dapat membuat prediksi untuk percobaan masa depan.

Website khusus Science Journal juga menjunjukkan informasi mengenai cara terbaik untuk mengumpulkan data, serta cara menggunakan sensor dengan benar. Google juga mengumumkan niatnya untuk bekerja dengan komunitas ilmu dalam rangka meningkatkan aplikasi dan kemampuannya. Raksasa mesin pencarian itu juga berniat untuk membuka source code aplikasi tersebut pada musim panas tahun ini.

[ad_2]
Bagikan Info ini ke teman Anda Yuk …

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==