Google telah memperkenalkan Android Go: Oreo edition beberapa waktu lalu. Sistem operasi yang telah dimodifikasi tersebut dikhususkan untuk digunakan pada perangkat ponsel dengan spesifikasi hardware minimum, untuk menekan harga jual. HMD Global, pemegang lisensi tunggal brand ponsel Nokia, dikabarkan akan ikut merilis ponsel Android Go bulan Maret mendatang.


Rumor tersebut disampaikan melalui sebuah tweet dari Eldar Murtazin. Kalau Gadgeteers adalah penggemar ponsel Nokia, pasti tidak asing oleh nama pemberi bocoran ponsel baru Nokia yang satu ini. Track record Eldar dalam memberikan bocoran informasi sejak masa Symbian masih berjaya tidak selalu positif, namun beberapa bocoran yang disampaikan ada yang terbukti. Dalam tweet berbahasa Rusia, Eldar menyebutkan jika Nokia 1 akan hadir pada bulan Maret 2018, dan dijual dengan harga yang lebih murah dari Nokia 2, ponsel Android termurah HMD saat ini.

Untuk spesifikasi, tidak banyak yang diungkap oleh beliau. Nokia 1 akan menggunakan panel layar IPS dengan resolusi HD 720p. Dan sama seperti Nokia 2, Nokia 1 akan menggunakan kombinasi RAM 1GB dengan penyimpanan internal 8GB.

nokia1_1
Dengan Android Go yang hemat memori dan lebih ringan untuk dijalankan, tentunya hal tersebut merupakan kombinasi yang lebih pas dari Nokia 2 yang hanya dirilis menggunakan Android Nougat 7.1.2. Harganya diperkirakan mencapai 5990 Rubles, atau sekitar Rp1,4 jutaan. Harga yang tidak jauh berbeda tersebut membuat rumor ini nampak tidak akurat. Apa alasan HMD sehingga memutuskan untuk merilis ponsel dengan harga dan spesifikasi yang kurang lebih sama dengan Nokia 2?

nokia2_1

Nokia 2, ponsel termurah HMD yang dirilis November lalu.

Jika Nokia 2 dirilis belakangan setelah Google mempersiapkan Android Go, ada kemungkinan ponsel tersebut akan juga menggunakan versi ringan dari Android tersebut. Ataukah saat mendapatkan pembaruan ke Android Oreo mendatang, Nokia 2 juga akan menggunakan Android Go seperti Nokia 1? Kita nantikan saja ya.

Via: ubergizmo.com, nokiapoweruser.com

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.