Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever: Adu Ponsel RAM 3 GB | Informasi Gadget Terbaru 2017

Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever: Adu Ponsel RAM 3 GB

[ad_1]

Kali ini kami akan melakukan komparasi antara smartphone andalan Hongkong yaitu Infinix Zero 3 dan Wiko Ridge 4G Fever asal negeri Prancis. Untuk spesifikasi yang  di tawarkan, keduanya terbilang cukup terjangkau dari sisi harga. Kedua smartphone kelas menengah ini dibanderol dengan kisaran harga di atas 2,5 juta rupiah dan di bawah 3 juta rupiah.

Sama – sama mengedepankan fitur andalan guna memikat pengguna yang mencari smartphone di kisaran harga tersebut, diantaranya kapasitas RAM 3 GB. Selain itu, jika Infinix mengedepankan resolusi kamera utama hingga 20,7 MP, Wiko  mengedepankan desain unik yang bisa menyala di kondisi gelap.

Note:
Jika ingin melihat review masing – masing yang lebih lengkap silahkan kunjungi:
Review Infinix Zero 3Review Wiko Ridge 4G Fever

1. Desain dan Layar Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever

Desain Wiko Ridge 4G Fever

Kedua smartphone menggunakan desain dengan bentuk kotak. Jika desain kotak pada Wiko terlihat lebih estetis, maka desain Infinix terlihat lebih kaku dan agak mirip desain Sony Xperia. Tampilan depan kedua smartphone ini terlihat standar tombol soft key untuk  fungsi Back, Home, dan Recent, sama – sama di tempatkan di dalam layar. 

Desain Infinix Zero 3

Pada Infinix, bagian belakangnya dibungkus dengan lapisan plastik bermotif seperti kaca. Masih ditambah dengan pola kotak-kotak kecil yang membuatnya tampil menarik dan beda. Bagian belakang Wiko menggunakan bahan plastik yang di buat dengan motif agak kesat sehingga membuatnya tidak licin saat di genggam penempatan kamera belakang terletak di sudut kanan atas dengan tambahan dual tone LED flash untuk penambahan cahaya saat kondisi gelap. 

Infinix menggunakan desain unibodi sehingga cover belakangnya tidak bisa dibuka dan otomatis baterai tidak bisa dilepas. Untuk kartu memori dan kartu SIM ditempatkan di sisi kiri dan kanan. Untuk mengeluarkan kompartemenya Anda meski menggunakan card ejector yang sudah tersedia dalam paket penjualannya. Sedangkan cover belakang Wiko bisa dilepas, namun baterainya telah tertanam dan tidak bisa dilepas. Disebelahnya terletak slot kartu SIM dan microSD. 

Jika bagian pinggiran list Infinix menggunakan material berbeda yang berbuat dari metal sehingga membuatnya lebih kokoh, maka Wiko menggunakan list dari metal dengan warna berbeda. Selain itu, wiko menampilkan sesuatu yang berbeda di pinggirannya berupa efek cahaya yang akan terlihat dalam kondisi gelap. Menariknya Infinix Zero 3 hadir dalam 4 pilihan warna yaitu black, white, Gold, dan ceramic. Wiko Ridge 4G Fever sendiri hadir dengan dua pilihan warna hitam dan putih. 

Kedua smartphone juga sama – sama memiliki ukuran layar di atas 5 inch, jika infinix 5,5 inch maka Wiko berukuran 5,2 inch. Sama sama mendukung resolusi full HD, layarnya telah dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3. 

Accelerometer Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever

Untuk dukungan sensor, Wiko lebih unggul dimana terdapat 9 jenis sensor, termasuk sensor Gyroscope untuk merasakan sensasi video berbasis VR ataupun 360 menggunakan perangkat cardboard. Dan Infinix hanya memiliki 5 sensor yang terdiri dari Accelerometer, Magnetic Field, Orientation, Light, dan proximity. Dan bagi anda yang butuh dukungan multitouch pada layar, kedua ponsel ini sama – sama mendukung hingga 5 titik sentuhan secara bersamaan. 

2. Kinerja Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever

Meski sama – sama menggunakan chip MediaTek. Infinix Zero 3 menggunakan seri chip yang lebih tinggi. Keduanya menggunakan kapasitas RAM sama besar yaitu 3 GB. Spesifikasi ini tentu saja sudah cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi terkini serta proses Multitasking. 
Untuk melihat kinerjanya, kami menggunakan aplikasi Benchmark yang biasa digunakan. Hasilnya terlihat bahwa Infinix Zero 3  sedikit lebih unggul pada AnTuTu Benchmark. Sedangkan skor aplikasi lainnya tidak menampilkan selisih yang berbeda. 

41332

AnTuTu Benchmark 6.0

37232

18297

Quadrant Standard 2.1

20366

50,1 fps

NenaMark 2.4

50,7 fps

588

GeekBench 3 – Single Core

614

3430

GeekBench 3 – Multile Core

2599

3408

PCMark – Work Performance

3781

4 jam 28 menit

PCMark – Work Battery Life

4 jam 59 menit

Sedangkan chip GPU powerVR G6200 dan Mali – T720 menjadi penyanding kelas menengah dalam menunjang aktivitas grafis, khususnya game. Kedua chip grafis ini menampilkan kinerja yang berbeda dimana powerVR G6200 pada Infinix menghasilkan skor yang berbeda jauh dengan Mali- T720 bawaan Wiko. Hal ini terlihat melalui 3Dmark – Ice Storm Unlimited dengan hasil skornya yaitu 13826 dengan 6785. Namun jika dilihat dari skor fps ( frame per second) keduanya menampilkan skor yang mirip dan berada di kisaran 34 – 60 fps. 

3DMark Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever

Bagi yang ingin mengetahui kemampuannya saat menjalankan game – game terbaru, kami juga coba memasang dan memainkan game – game yang lumayan berat seperti Mortal Kombat X, UFC, serta Need for Speed No Limits. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, ketiga game tersebut mampu berjalan lancar tanpa hambatan. 

Ketahanan baterai keduanya tidak berbeda jauh. Hal ini terlihat dari hasil pengujian Work Battery Life bawaan aplikasi PCMark. Wiko sedikit lebih lama sekitar 30 menit dibanding Infinix. Padahal dari sisi spesifikasi, baterai Infinix memiliki kapasitas yang sedikit lebih besar yaitu 3030 mAh dibanding Wiko dengan kapasitas 2900 mAh.

3. Kamera Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever

Salah satu keunggulan Infinix Zero 3 adalah resolusi kamera utama yang mencapai 20,7 MP. Dengan resolusi ini, secara teori Anda bisa mencetak foto hingga ukuran tersebut dan tetap mendapatkan detail yang baik. Sedangkan kamera Wiko Ridge 4G Fever memiliki resolusi yang umum yaitu 13 MP. Sedangkan kedua kamera depan, sama – sama memiliki resolusi hingga 5 MP. 

Kamera utama pada kedua smartphone tersebut dilengkapi dengan dual tone flash sehingga hasil tangkapan dalam kondisi gelap menjadi lebih baik tanpa menghasilkan gambar yang terlalu silau. Yang menarik, kamera depan kedua smartphone juga menggunakan lampu kilat sehingga foto selfie menjadi lebih memungkinkan di segala kondisi pencahayaan, terutama gelap. 

Dengan masing – masing fitur tersebut bagaimana hasilnya? Kamera utama untuk kondisi indoor serta outdoor menghasilkan kualitas yang berbeda. Dengan pengaturan auto, hasil jepretan kamera utama Infinix terlihat lebih tajam dan detail, sedangkan kamera utama Wiko terlihat lebih cerah dan terang. Meski demikian, detail gambar yang di hasilkan tidak jauh berbeda. Hal yang sama juga terjadi saat atau mode makro. Autofocus pada keduanya berjalan cukup baik dengan hasil yang mirip dengan pemotretan dalam kondisi outdoor. 

Kamera depan yang menjadi andalan untuk foto selfie menghasilkan kualitas yang cukup baik pada keduanya. Hanya saja jika diperhatikan lebih rinci, kamera depan Infinix menghasilkan gambar yang lebih diperhalus sehingga tidak terkesan alami dan terlihat lebih diperhalus, mirip seperti saat menggunakan fitur Beautfy. Sedangkan Wiko lebih mengutamakan detail dimana menunjukan foto wajah yang sangat tajam dan lebih terang dengan latar belakang yang tetap tertangkap dengan baik. 

4. Interface dan Multimedia Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever

Interface Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever

Sama – sama menggunakan Android 5.1 Lolipop, kedua smartphone menyematkan user interface bawaan masing – masing. Infinix menggunakan UI dengan nama X – UI dan Wiko menggunakan UI bawaan dengan nama Wiko UI. Infinix masih menggunakan app drawer layaknya Android versi umum, dan Wiko tidak menyertakan App Drawer sehingga Anda tinggal menggeser halaman utama untuk melihat kumpulan aplikasi yang terpasang. 

Infinix menyertakan fitur Led Reminder Lights guna menandakan notifikasi ataupun pesan yang masuk dengan menampilkan lampu yang menyala. Wiko menyertakan fitur Smart Awake serta Smart Gesture untuk menjalankan beberapa fungsi melalui pergerakan sederhana agar lebih cepat. Sedangkan Infinix juga menyertakan fitur smart Gesture yang bisa di atur melalui pilihan dari menu Settings berupa Action. 

Equalizer Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever

Untuk urusan multimedia, terutama audio, kedua smartphone menempatkan speaker di posisi yang sama yaitu dibagian bawah cover belakang. Keluaran suara speaker tersebut cukup kencang, meski kualitasnya tidak terlalu istimewa. Kualitas suara lebih terasa mantap saat menggunakan earphone atau headset. Khusus untuk file audio, Infinix dan Wiko juga sama – sama menyediakan aplikasi music yang memiliki pengaturan equalizer untuk berbagai pilihan preset yang juga bisa diatur secara manual. Meski tampilannya berbeda, namun secara keseluruhan keduanya memiliki fungsi yang sama. 

Smartphone Infinix menggunakan aplikasi video player untuk menjalankan konten ataupun file video. Tidak terdapat banyak pengaturan pada aplikasi ini. Anda  hanya bisa melakukan lock content, loop, dan trim saja. Sedangkan Wiko menyediakan aplikasi Videos. Meski sederhana aplikasi ini memiliki fitur berupa lock content serta mengecilkan ukuran layar video. Saat dikecilkan, Anda bisa tetap menjalankan aplikasi lain. Ukuran layar kecil tersebut bisa dipindah – pindah serta diubah ukurannya.

5. Spesifikasi Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever

Maret 2016

Rilis

Februari 2016

GSM/ HSPA/ LTE

Jaringan

GSM/ HSPA/ LTE

142 x 70,2 x 7,1 mm/ 120 gram

Dimensi/ Bobot

148 x 73,8 x 8,3 mm/ 143 gram

Non-removable Li-Ion 3030 mAh

Baterai

Non-removable Li-Ion 2900 mAh

5,5 inci, Full HD 1080 x 1920 pixels
@401 ppi

Display

5,2 inci, Full HD 1080 x 1920 pixels @480 ppi

Android 5.1 Lollipop /X-UI

OS/UI

Android 5.1 Lollipop /Wiko UI

MediaTek MTK6795 Helio X10 Octa Core
2,10 GHz

Prosesor

MediaTek MTK6753 Octa Core 2,0 GHz

PowerVR G6200

GPU

Mali-T720

Belakang: 20,7 MP, video 1080p

Depan: 5 MP, video 1080p

Kamera

Belakang: 13 MP, video 1080p

Depan: 5 MP, video 1080p

MP3/ WAV/ eAAC+/ FLAC Player

Player Audio

MP3/ WAV/ eAAC+ Player

MP4/ H.264 player

Player video

MP4/ H.264 player

FM Stereo, FM Recording

Radio

FM Stereo, FM Recording

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct,
hotspot, Bluetooth 4.1, DLNA, A2DP, GPS, A-GPS, GLONASS

Koneksi Nirkabel

Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.0, A2DP, GPS,
A-GPS, GLONASS

microUSB 2.0, jack 3.5 mm, USB OTG

Koneksi Kabel

microUSB 2.0, jack 3.5 mm, USB OTG

RAM 3 GB, ROM 16 GB

Memori Internal

RAM 3 GB, ROM 32 GB

microSD, dukung hingga 32 GB

Memori Eksternal

microSD, dukung hingga 64 GB

SMS, MMS, Email, Push Mail

Messaging

SMS, MMS, Email, Push Mail, IM

Ponsel, baterai, kabel data, charger,
manual, transparant case, pin ejector, kartu garansi

Paket Penjualan

Ponsel, baterai, kabel data, charger, earphone, manual, kartu garansi

6. Harga Infinix Zero 3 VS Wiko Ridge 4G Fever dan Daya Saingnya 

Infinix Zero 3

Harga

Wiko Ridge 4G Fever

Rp 2.599.000,-

Mei 2016

Rp 2.899.000,-

Dikisaran harga di bawah 3 juta, Infinix Zero 3 dan Wiko Ridge 4G Fever mengunggulkan pengguna chip prosesor quadcore yang ditandem RAM 3 GB. Selain itu, masing – masing juga mengunggulkan daya tarik utama berbeda guna memikat konsumen yang memiliki kebutuhan serta selera yang berbeda. Infinix Zero 3 menyematkan resolusi besar yaitu 20,7 MP bagi mereka yang butuh detail tinggi saat menjepret foto berukuran besar. 
Wiko sendiri mengedepankan desain yang keren dimana mampu menampilkan efek cahaya dalam gelap. Jika melihat competitor lain dikisaran harga tersebut, Infinix dan Wiko bisa bersaing ketat dengan nama – nama seperti Xiaomi Mi 4i, Samsung Galaxy J5 (silahkan kunjungi Review Samsung Galaxy J5), Asus Zenfone 2, sampai Huawei P8 Lite. 


Silahkan berkunjung pula ke tulisan lainnya mengenai smartphone dengan kisaran harga 2 jutaan (di bawah 3 juta):

KESIMPULAN

Dengan spesifikasi terdepan di kelas menengah, harga jual yang ditawarkannya memang cukup memikat. Keduanya juga menawarkan kinerja tangguh di kelasnya. Secara detail, Infinix Zero 3 tampil dengan kinerja tinggi serta kemampuan kamera yang lumayan. Dan wiko hadir dengan desain serta fitur yang lebih beragam. 

Sumber:

SINYAL

[ad_2]
Bagikan Info ini ke teman Anda Yuk …

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==