Grab Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan fitur tombol ‘Darurat’ yang bisa membantu pengguna untuk mencari pertolongan dari orang terdekat saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan fitur ini sudah bisa digunakan sejak Senin, 21/05/2018.

Fitur ini mirip dengan emergency call yang biasa disematkan di ponsel pintar tertentu, di mana pengguna aplikasi Grab nanti diminta memasukkan tiga nomor orang yang dianggap paling bisa dipercaya dan bisa membantu. Bedanya, saat pengguna sedang melakukan perjalanan menggunakan ride sharing Grab, tombol ‘Darurat’ ini akan otomatis mucul di atas map peta.

Nah, tombol yang terletak di atas peta ini bisa sewaktu-waktu dipencet saat dalam keadaan darurat. Nantinya, aplikasi ini secara otomatis akan mengirimkan pesan kepada kontak yang sudah didaftarkan sebelumnya agar mengambil tindakan antisipasi, misalnya saja menghubungi polisi. Nah, untuk rincian pesan darurat ini berisi tentang posisi terakhir dan juga rincian perjalanan yang bisa di-track.

Tidak hanya itu, pengguna pun bisa mamakai fitur auto-alert yang nanti bisa mengirimkan SMS ke kontak darurat saat rute ternyata melenceng dari arah yang ditentukan.

Sayangnya, fitur ini untuk sementara hanya ada di penumpang saja. Namun, pihak Grab sendiri ingin memasang fitur yang sama pada sisi pengemudi demi memberikan rasa aman dan juga sebagai bentuk penanggulangan bila terjadi sesuatu di masa mendatang, misalnya penghadangan atau perampokan sehingga bisa mendapatkan bantuan dari orang terdekat.

via Detik.com dan Grab.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.