Inilah 3 Bahaya Isi Daya Ponsel Lewat Laptop! | Informasi Gadget Terbaru 2017

Inilah 3 Bahaya Isi Daya Ponsel Lewat Laptop!

GadgetGan.com – Mengisi daya ponsel lewat laptop memang merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone. Meskipun terlihat aman, namun sebenarnya hal ini memiliki dampak yang membahayakan. Lantas, apa bahaya mengisi daya ponsel melalui laptop ? Simak ulasannya berikut ini.

Kehadiran port USB smartphone yang universal memang mampu memudahkan para pengguna smartphone untuk menghubungkan gadgetnya dengan perangkat lain, salah satunya ialah laptop. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan ketika menghubungkan smartphone dengan laptop, diantaranya ialah melakukan pengisian daya.

Hal ini sebenarnya tidak membahayakan, namun jika dilakukan secara terus menerus, smartphone memiliki risiko akan mengalami kerusakan. Hal ini bukan tanpa alasan karena aliran listrik yang diberikan oleh port USB pada laptop cenderung berdaya kecil dan tidak stabil. Akibatnya, proses pengisian daya smartphone pun akan berlangsung lebih lama ketimbang biasanya.

Pengisian daya smartphone yang lebih lama akan membuat smartphone menjadi panas, sehingga memungkinkan adanya kerusakan pada hardware smartphone. Karena cukup lama, tidak sedikit pengguna smartphone yang malas menunggu sehingga memutuskan untuk menggunakan smartphone ketika sedang pengisian daya. Hal ini berdampak pada baterai smartphone yang akan berisiko mengalami kerusakan.

Selain hardware dan baterai smartphone yang rusak, baterai laptop pun sangat berisiko mengalami kerusakan jika laptop sering digunakan untuk mengisi daya smartphone. Baterai laptop pun akan lebih cepat haus dan umurnya akan jauh lebih pendek dari umur normalnya.

  • Pencurian data oleh hacker

Bahaya mengisi daya ponsel lewat laptop selanjutnya ialah pencurian data oleh hacker. Ketika menghubungkan smartphone dengan laptop, laptop pun akan menyimpan berbagai data penting dari smartphone secara otomatis. Contohnya nama pemilik smartphone, merk, seri smartphone, firmware, sistem operasi hingga chip ID ponsel.

Hal inilah yang menjadi suatu celah bagi hacker untuk mencuri data-data pribadi dari smartphone. Terlebih lagi, jika laptop yang digunakan telah terinfeksi virus, sehingga risiko pencuri data smartphone akan semakin meningkat drastis.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==