Kecepatan 6 Operator Telekomunikasi di Indonesia Diadu, Siapa yang Menang? | Informasi Gadget Terbaru 2017

Kecepatan 6 Operator Telekomunikasi di Indonesia Diadu, Siapa yang Menang?

Operator seluler di Indonesia terus berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya, baik dengan memberikan tarif yang murah, menjanjikan koneksi internet cepat, memberikan promo-promo menarik dan sebagainya. Namun manakah operator seluler yang terbaik di Indonesia dalam hal koneksi data internet?

Pada pertengahan minggu lalu, perusahaan asal Perancis, nPerf, merilis sebuah dokumen berisi komparasi enam operator seluler terkemuka di Indonesia; Telkomsel, Bolt, Smartfren, XL, Tri Hutchinson dan Indosat Ooredoo. nPerf adalah perusahaan yang merilis aplikasi pembanding konektivitas internet, layaknya Speedtest, namun dengan beberapa metode pengukuran yang lebih mendetil.

Diantaranya adalah success ratio, kecepatan unduh dan unggah file, nilai latensi, skor untuk browsing dan streaming konten di YouTube. Memanfaatkan data dari puluhan ribu pengguna aplikasi mereka di Android, iOS dan Windows Phone per bulannya, nPerf sanggup mengolah dan menyimpulkan operator mana yang bisa dikatakan memiliki skor internet terbaik sepanjang tahun 2017 kemarin.

Setelah merangkum hasil uji selama satu tahun, nPerf menobatkan Telkomsel sebagai “the best mobile internet services in the year 2017”. Telkomsel meraih nilai keseluruhan sebesar 37193 poin, terbaik jika dibandingkan dengan kelima operator seluler lainnya, baik dalam hal success ratio, rata-rata kecepatan unduh dan unggah, serta browsing test. Di urutan kedua, ada Bolt dengan 28441 poin. Bolt unggul pada rata-rata kestabilan konektivitas 4G-nya yang sedikit lebih stabil dari Telkomsel sebesar 2,22%, serta performa streaming konten video di YouTube.

Posisi ketiga dan keempat untuk skor rata-rata ditempati oleh Smartfren dengan 24281 poin dan XL Axiata dengan 20792 poin. Kelima ada Tri Hutchinson dengan 15854 poin, dan di urutan terakhir ditempati oleh Indosat Ooredoo dengan 12974 poin. Indosat Ooredoo memiliki kecepatan unduh rata-rata paling rendah diantara yang lain, di 2.68MB/s. Yang cukup mengagetkan, meski Bolt berada di urutan kedua skor rata-rata keseluruhan, kecepatan unggah rata-ratanya justru yang terendah di 1.23MB/s.

nPerf_2017_2

nPerf_2017_3

Untuk data lengkapnya sendiri, Gadgeteers bisa untuk dokumen lengkapnya lewat tweet dari @nPerf di sini ya. Jika Gadgeteers berencana untuk berpindah atau mencari operator seluler yang paling handal, tak ada salahnya untuk membaca hasil tes dari nPerf tersebut.

Via twitter.com/nPerf
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==