Faktor penting bagi Gadgeteers yang hendak membeli ponsel baru selain dari tampilannya pastinya adalah spesifikasinya. Kali ini @GadgetGaul akan memperkenalkan aplikasi yang dapat membantu Gadgeteers melihat spesifikasi ponsel tanpa harus searching dulu di ‘mbah Google’. Aplikasi apa saja kah itu?

1. AnTuTu Benchmark

Antutu

Aplikasi pertama dan tentunya yang paling populer adalah tidak lain AnTuTu Benchmark. Aplikasi ini memiliki kelebihan seperti menampilkan spesifikasi secara lengkap, dan memonitor penggunaan CPU dan temperatur baterai secara real-time lewat notifikasi bar. Selain itu, terdapat fitur verifikasi device juga yang berguna untuk melihat HP tersebut asli atau palsu.

2. CPU-Z

Droid-Maxx-2-CPU-Z

Berbeda dengan AnTuTu Benchmark. Aplikasi ini terkesan lebih sederhana tetapi tetap rapih. Ruangan yang diperlukan untuk menyimpan aplikasi ini sangat ringan, jadi tidak heran kalau tampilannya tidak seelegan AnTuTu Benchmark tadi. Hanya saja, Gadgeteers jangan kesal ya kalau ada iklan yang mengganggu di dalam aplikasi.

3. CPU / RAM / Device Identifier

CPU-RAM-DEVICE-Identifier

Kalau CPU-Z memiliki tampilan yang lebih rapih, aplikasi CPU / RAM / Device Identifier ini memiliki tampilan yang rumit dan navigasi yang cukup sulit. Namun dibalik itu, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi rekomendasi yang dapat Gadgeteers gunakan untuk mengetahui informasi lengkap mengenai spesifikasi yang ada dalam suatu perangkat.

4. Aida64

aida

Bila Gadgeteers merasa bahwa cukup pandai tentang teknologi ponsel, atau dapat dikatakan lihai sehingga patut dikatakan ahli. Maka aplikasi seperti Aida64 dapat menjadi sahabat baru Gadgeteers. Pasalnya aplikasi ini benar-benar menampilkan informasi yang cukup lengkap mulai dari hardware hingga software.

5. Droid Hardware Info

droid-hardware-info-android-app

Sama seperti aplikasi sebelum-sebelumnya, aplikasi ini bisa Gadgeteers gunakan untuk mengecek spesifikasi ponsel secera lengkap. Gadgeteers akan mendapatkan informasi mengenai perangkat, sistem, memori, kamera, suhu, baterai, dan sensor. Kerennya lagi, Gadgeteers dapat mengekspor informasi mengenai ponsel tersebut dalam bentuk laporan PDF.

featured image via play.google.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

An overseas travel writer. A Indonesian living in Germany.
Business inquiries :
[email protected]