Fitur membatalkan atau menarik pesan yang sudah terkirim sepertinya sudah jadi senjata wajib di aplikasi pesan instan. Setelah BBM mempopulerkan terlebih dahulu, WhatsApp pun ikut-ikutan dan kini LINE menjadi aplikasi terkini yang menawarkan fitur semacam itu.

LINE bahkan lebih ekstrim, karena fiturnya bisa digunakan untuk menarik teks, foto, stiker, video, pesan suara, tautan, kontak, informasi lokasi, hingga berkas misalnya dokumen atau lainnya. Cakupan fitur ini juga diperluas, tidak hanya di percakapan individu tapi juga mencakup percakapan grup.

Lalu, bagaimana sih cara pakainya?

Mudah sekali ternyata. Untuk menarik pesan, Gadgeteers cukup menandai pesan, menyentuh dan menahannya beberapa detik sampai muncul pilihan Unsend di layar perangkat Gadgeteers. Tap tombol tersebut dan pesan pun akan ditarik kembali. Meskipun pesan sudah ditarik, penerima pesan tetap akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pesan bersangkutan sudah dihapus oleh pengirimnya.

line unsend

Kendati prinsip kerjanya hampir sama dengan fitur serupa di aplikasi rival, LINE menerapkan prosedur yang berbeda. Jika di WhatsApp pengguna hanya diberi waktu 7 menit setelah dikirim, LINE memberikan rentang waktu yang lebih, yakni sampai dengan 24 jam setelah pesan dikirim. Praktis, pengguna punya waktu yang lebih dari cukup untuk memikirkan ulang pesan yang ia kirimkan.

Dikutip dari pengumuman resminya, bahwa fitur ini digulirkan secara bertahap. Untuk memastikan Gadgeteers kebagian jatah, pastikan aplikasi LINE di perangkat Gadgeteers baik Android, iOS, Windows ataupun Mac sudah menggunakan versi yang paling baru.

via Line.co.jp
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.