Sejak lama, Android dan iOS berseteru memperebutkan hati konsumen di dunia melalui perangkatnya masing-masing. Android mewakili kalangan pengguna luas dari kalangan bawah, menengah hingga atas. Sedangkan iOS mayoritas berasal dari kalangan menengah atas, yang lebih dikarenakan harga iPhone yang relatif jauh lebih mahal.

Tapi bicara loyalitas, pengguna Android sepertinya mengalami transformasi penting. Karena kini, pengguna platform buatan Google ini semakin sulit untuk pindah ke lain hati. Menurut laporan yang dirilis oleh firma Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) CIRP mengatakan bahwa loyalitas pengguna Android meningkat dan stabil sejak awal 2016 lalu.

Dengan demikian, ada pergantian tahta. Sebab di tahun 2014 lalu pengguna loyal iOS berada di angka 83%, lebih tinggi dari Android yang hanya 78%. Dengan angka ini, pengguna Android cenderung lebih mudah untuk pindah ke lain hati dan beralih ke platform lain, salah satunya tentu iOS. Tetapi perlahan namun pasti, pengguna Android mulai berubah dan menjadi lebih loyal. Bahkan di bulan Desember 2017, loyalitas pengguna Android melompat ke angka 91% dan iOS hanya 85%.

loyalitas android versus ios

Mike Levin, founder CIRP mengatakan, “Pada titik ini hanya ada dua sistem operasi mobile, maka pengguna bisa memilih satu, belajar, berinvestasi pada aplikasi dan memori, serta setia dengannya.”

Salah satu sebab mengapa pengguna Android semakin setia, bisa jadi dikarenakan harga perangkat iOS yang terlalu mahal. Sementara di sisi lain perangkat-perangkat Android harganya justru semakin murah dan fiturnya makin memanjakan.

via Techcrunch.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.