Mengerikan, Malware Android Ini Bisa Rusak Fisik Smartphone! | Informasi Gadget Terbaru 2017

Mengerikan, Malware Android Ini Bisa Rusak Fisik Smartphone!

Copyright ©PhoneArena

Awas, Malware Android Ini Bisa Rusak Perangkat Keras Smartphone Milikmu!

InfoGadgetTerbaru.com – Belum lama ini sebuah malware Android baru kembali ditemukan melakukan serangkaian aktivitas berbahaya, termasuk menampilkan iklan tanpa sepengetahuan pengguna smartphone ataupun perangklat lainnya, melakukan pengiriman pesan ke sembarang nomor, jadi botnet sampai mengktifkan langganan layanan berbayar.

Bukan hanya itu, malware ini juga mampu mengambil alih smartphone dan menggunakannya untuk menambang cryptocurrency (mata uang digital). Dan yang paling mengerikan dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya adalah kemampuan menambang cryptocurrency tersebut berpotensi merusak smartphone secara fisik ketika sudah terinfeksi. Malware Android tersebut bernama Trojan.AndroidOS.Loapi.

Baca Juga : Kamu Harus Tau! Berikut 4 Cara Hindari Aplikasi Palsu yang Berisi Malware

Seperti yang  dilansir Ars Technica, Rabu (20/12/2017), malware Android bernama Trojan.AndroidOS.Loapi tersebut tersembunyi di dalam aplikasi yang didistribusikan ke toko aplikasi pihak ketiga, iklan di browser, serta dapat melalui SMS yang berisi spam.

Ditemukan pertama kali oleh tim peneliti di Kaspersky Lab, malware Android yang mendapat julukan “jack of all trades” tersebut patut diwaspadai lantaran kemampuannya yang beragam dan mengerikan.  Salah satu kemampuan yang paling menonjol, aplikasi Loapi berisikan modul yang bisa menambang Monero, jenis mata uang digital baru yang memang kurang dikenal dari pada Bitcoin atau uang digital lainnya.

Dengan modul tersebut, pembuat malware Android itu dapat ‘menghasilkan’ koin baru dengan menyedot listrik dan memaksa kinerja hardware smartphone yang sudah terinfeksi secara berlebihan, sehingga smartphone akan melampaui batas kemampuannya dan menjadi drop.

Malware Android
Copyright ©Kaspersky Lab

Simak Juga : 5 Tanda Browser Terserang Malware! Yuk Intip!

Dalam salah satu pengujian yang dilakukan oleh tim peneliti Kaspersky Lab, baterai smartphone yang terinfeksi malware Android Loapi selama dua hari tersebut akan mengalami pembengkakan, seperti halnya baterai mitasi pada smartphone yang gampang ‘mengandung’.

Sekedar informasi tambahan, seperti yang sudah banyak diketahui, beberapa bulan terakhir ini telah terjadi lonjakan terhadap situs dan aplikasi yang berusaha menguras tenaga CPU dan listrik untuk menjalankan kode penambang mata uang digital tersebut.

Pada beberapa kasus yang telah terjadi saat ini, pengguna baru mengetahui telah ‘dimanfaatkan’ oleh aplikasi atau laman web untuk menambang saat perangkat yang digunakan mulai lemot dan menyedot daya yang lebih besar dari biasanya.

Baca Juga : 4 Malware yang Harus Diwaspadai di Tahun 2018!

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==