Messenger Kids – Aplikasi Chat Untuk Anak dengan Kontrol Penuh Orang Tua | Informasi Gadget Terbaru 2017

Messenger Kids – Aplikasi Chat Untuk Anak dengan Kontrol Penuh Orang Tua

Selain memikirkan pengguna dewasa, nampaknya Facebook juga tidak melewatkan kesempatan untuk mengajak anak-anak berinteraksi menggunakan media sosial mereka. Ini terbukti dengan diperkenalkannya Messenger Kids, sebuah aplikasi yang mengizinkan anak-anak dibawah 13 tahun untuk berkirim pesan teks maupun video dengan aman.

Aplikasi Messenger Kids baru dalam tahap preview, dan hanya tersedia di Amerika Serikat. Wajar saja, karena aplikasi ini dibuat dari hasil perundingan dengan ribuan orang tua, asosiasi orang tua dan guru nasional serta pakar parenting di Amerika Serikat. Hasilnya, mereka menemukan adanya kebutuhan dibuatnya aplikasi kirim pesan untuk anak yang memungkinkan mereka tersambung dengan orang yang dicintai, namun juga masih dalam kontrol orang tuanya.

“Untuk memberi anak dan orang tua solusi yang menyenangkan dan lebih aman, kami membuat Messenger Kids, aplikasi yang dapat diinstal di perangkat smartphone maupun tablet anak-anak namun masih dapat dikendalikan dari akun Facebook orang tua. Entah itu menggunakan obrolan video untuk berbicara dengan kakek dan nenek, tetap berhubungan dengan sepupu yang tinggal jauh, atau mengirim foto yang sudah dihias kepada ibunya saat dia bekerja lembur untuk menyapa, Messenger Kids membuka sebuah dunia baru komunikasi online ke keluarga,” kata Loren Cheng, Product Management Director Facebook dalam sebuah rilisan pers resmi. Aplikasi ini sementara hanya tersedia di App Store untuk iPhone, iPod Touch serta iPad.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Orang tua hanya perlu mengunduh aplikasi Messenger Kids pada perangkat anak, melakukan proses login dengan akun pribadi, lalu membuatkan identitas anak. Akun sang anak akan terasosiasi dengan akun orang tua, alias tidak seperti membuatkan akun Facebook baru. Setelah selesai terbuat, orang tua dapat menambahkan kontak yang bisa dihubungi oleh anak. Nantinya, jika ingin kembali menambahkan kontak, orang tua hanya perlu mengakses menu “Messenger Kids Controls” pada aplikasi Facebook di smartphone pribadi mereka.

Lewat Messenger Kids, anak-anak dapat melihat siapa saja yang dapat mereka hubungi atau status online kontak mereka pada homescreen. Tersedia fitur-fitur yang menghibur seperti topeng wajah, emoji, dan efek suara yang bisa digunakan saat sedang melakukan panggilan video. Selain panggilan video, anak-anak juga dapat berkirim foto, video dan teks kepada teman, saudara, maupun orang tuanya. Facebook menyediakan stiker, alat gambar, maupun gambar GIF yang sudah difilter agar aman untuk digunakan oleh anak.

mkids_4

Kedepannya, Messenger Kids juga akan hadir di Amazon App Store maupun Google Play Store beberapa bulan mendatang. Dalam masa awal perilisan, aplikasi ini sudah menimbulkan perdebatan apakah anak dibawah umur 13 tahun sudah saatnya untuk mengakses aplikasi seperti ini. Belum ada informasi apakah aplikasi ini juga akan dirilis di negara selain Amerika Serikat. Kita tunggu saja ya.

Via: newsroom.fb.com

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==