Tak hanya merilis kamera kelas profesional, Olympus juga rilis mirrorless untuk pemula dengan harga yang lebih terjangkau. Olympus PEN E-PL9 memiliki desain kecil yang menarik dan tetap tangguh, dilengkapi segudang fitur untuk mempermudah pengambilan foto.

Olympus PEN E-PL9 sudah dilengkapi LCD layar sentuh yang dapat digunakan dengan mudah untuk mengganti mode, atur kecerahan dan kontras foto dan lainnya. Mode Auto-nya sendiri juga sudah dapat mengatur kamera agar ambil foto optimal sesuai objek, baik itu foto portrait, grup, objek yang bergerak cepat dan lainnya. Layarnya dapat diputar 180 derajat untuk mempermudah pengambilan foto selfie, dan tersedia mode e-Portrait untuk memperhalus kulit wajah. Tersedia lampu flash built-in yang cukup fleksibel dan bisa sedikit diarahkan sesuai selera.

0_OLYMPUS_NewPen_KeyVisual_with_BG_white

Kamera Olympus juga dikenal dengan fitur Art Filters, menambah foto dengan efek-efek tertentu agar terlihat lebih menarik. Lewat E-PL9, Olympus menambahkan beberapa filter baru seperti Bleach Bypass serta Instant Film, menjadi total 16 Art Filters yang dapat dipilih. Untuk mempelajari fitur-fitur dan tips penggunaan kamera ini, Olympus menyediakan serangkaian video “How-to” yang dapat diakses secara mudah lewat ponsel via aplikasi OI-Share. Yang tidak kalah menarik, konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi pada kamera ini selalu siaga bahkan saat kamera sedang tidak menyala. Jika Gadgeteers secara mendadak ingin mentransfer foto sedangkan kamera ada di dalam ransel, cukup akses aplikasi OI-Share, dan kamera otomatis menyala alias tak perlu mengeluarkan dari ransel.

5_EPL9_BRW_Left_1442EZ_SLV

Meski bukan kelas profesional, Olympus PEN E-PL9 sudah memiliki Image Stabilization (IS) secara built-in di dalam bodinya, mampu mereduksi guncangan tangan saat ambil foto dalam kondisi kurang cahaya maupun saat merekam video beresolusi 4K. Dikombinasikan dengan TruePic VIII image processor yang juga digunakan pada kamera flagship Olympus OM-D E-M1 Mark II, E-PL9 bisa ambil foto dengan shutter lebih cepat, menghasilkan foto yang lebih tajam. Kamera ini mendukung titik fokus hingga 121 poin, dan pengguna dapat memanfaatkan fitur tap to focus atau tap to shoot.

4_EPL9_WHT_Back-side_1442EZ_SLV_Tilt(Low)

Dengan aksen aluminum, dials berbahan metal serta tekstur kulit di sekitar bodi, E-PL9 tersedia dalam tiga pilihan warna; Pearl White, Onyx Black dan Honey Brown. Harga yang ditawarkan untuk body only adalah USD 599 atau sekitar Rp8. 24 jutaan. Ada juga versi kit dengan lensa M.Zuiko 14-42nm F3.5-5.6 EZ lens, tas kamera, strap dan kartu memori 16GB dengan harga USD 699 (Rp9.6 jutaan).

Via olympusamerica.com

WNArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.