Relumino, Teknologi Persembahan Samsung Untuk Penyandang Gangguan Penglihatan | Informasi Gadget Terbaru 2017

Relumino, Teknologi Persembahan Samsung Untuk Penyandang Gangguan Penglihatan

Samsung Electronics Co. Ltd adalah sebuah perusahaan teknologi yang juga berkomitmen untuk berkontribusi dalam membantu masyarakat untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Lewat aplikasi Relumino, Samsung ingin membantu penderita gangguan penglihatan (low vision) agar dapat melihat dunia lebih jelas, serta mengatasi hambatan penglihatan sehari-harinya.

Menurut laporan dari World Health Organization (WHO) pada bulan Oktober 2017, ada sekitar 253 juta orang yang mengalami gangguan penglihatan dan sebanyak 86% mengidap low vision. Inilah yang dijadikan alasan Samsung untuk membuat aplikasi Relumino.

Tampilan aplikasi Relumino.

Tampilan aplikasi Relumino.

Berasal dari bahasa Latin yang berarti “menyala kembali”, Relumino adalah sebuah aplikasi yang dapat dijalankan lewat beberapa smartphone flagship terbaru Samsung seperti Galaxy S8, S8+, Note 8, S9 & S9+ dengan menggunakan Samsung Gear VR. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memproses hasil tangkapan dari kamera belakang smartphone, dan membuat gambar menjadi lebih jelas dengan beberapa fitur; memperbesar/memperkecil gambar, memperjelas garis antar objek, menyesuaikan perbedaan warna, kecerahan dan sebagainya.

IMG_20180328_170622

Bersamaan dengan adanya aplikasi Relumino, Samsung menghadirkan film pendek berjudul “Two Lights: Relumino,” menceritakan tentang kehidupan beberapa orang yang menderita gangguan penglihatan low vision. Diperankan oleh aktris Korea Han Ji Min serta aktor Park Hyungsik, Samsung mengangkat fungsi Relumino sebagai alat bantu dalam film pendek tersebut, membantu memudahkan pemain untuk melihat dengan lebih jelas.

Samsung Indonesia mengajak GadgetGaul bersama dengan rekan media lainnya untuk menonton film Two Lights: Relumino serta mengadakan sesi tanya jawab dengan Johanes Rio, penyandang low vision dan Dolly Surya Wisaka, Manager – Marketing Content and Services, Samsung Indonesia. Rio menjelaskan bagaimana kehidupannya sehari-hari sebelum adanya Relumino, membuat beliau harus menggunakan alat-alat bantu seperti teleskop dan kaca pembesar. Menurutnya, Relumino jauh lebih efisien dan user friendly.

Johanes Rio (kiri), berfoto bersama Dolly Surya Wisaka dari Samsung Indonesia.

Johanes Rio (kiri), berfoto bersama Dolly Surya Wisaka dari Samsung Indonesia, menggenggam Galaxy Note 8 dengan Gear VR yang sudah terpasang aplikasi Relumino.

Jika Gadgeteers mempunyai smartphone yang kompatibel beserta Gear VR-nya, Gadgeteers bisa mencoba aplikasi Relumino dengan mengunduhnya di Oculus Store. Dan jika ingin menonton film pendek Two Lights: Relumino, kunjungi link berikut ini.

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==