Review ASUS Zenfone 4 Selfie : Manjakan Pencinta Selfie dengan Dua Kamera Depan 20 MP + 8 MP | Informasi Gadget Terbaru 2017

Review ASUS Zenfone 4 Selfie : Manjakan Pencinta Selfie dengan Dua Kamera Depan 20 MP + 8 MP

ASUS Zenfone 4 Selfie HeaderSelain Zenfone 4 Selfie Pro, ASUS juga telah meluncurkan smartphone lain untuk memanjakan pencina selfie di Indonesia, yakni ASUS Zenfone 4 Selfie.

ASUS Zenfone 4 Selfie sendiri merupakan penerus dari Zenfone Selfie yang telah hadir beberapa tahun lalu. Kalau Zenfone Selfie hadir dengan kamera depan dan belakang yang sama-sama beresolusi 13 MP.

Berbeda dengan ASUS Zenfone 4 Selfie yang telah dibekali dengan dua kamera depan yang memiliki kombinasi 20 MP + 8 MP dan kamera belakang yang beresolusi 16 MP. Bisa dibilang dalam Zenfone generasi 4 ini, ASUS memiliki ciri khas menggunakan dua kamera untuk depan maupun belakangnya.

Menariknya, baru-baru ini saya berkesempatan untuk melakukan review ASUS Zenfone 4 Selfie selama beberapa minggu. Dalam paket penjualannya sendiri, ASUS Zenfone 4 Selfie ini juga telah dibekali dengan casing jelly yang cukup kokoh untuk melindungi bodi bagian belakangnya.

Bisa dibilang harga yang dibanderol pada ASUS Zenfone 4 Selfie ini lebih murah dibandingkan Zenfone 4 Selfie Pro. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan spesifikasi hardware, performa, fitur, kekurangan, dan kelebihan dari smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Kamera Depan

Foto Selfie Bokeh

Kamera Selfie Bokeh (Klik Untuk Perbesar)

Selfie non beauty fix

Foto Selfie Normal (Klik Untuk Perbesar)

Selfie Beauty fix

Foto Selfie Beauty (Klik Untuk Perbesar)

Wide angle Selfie fix

Foto Selfie Wide-angle (Klik Untuk Perbesar)

Kamera Belakang

Foto HDR fix

Foto Kamera Belakang HDR (Klik Untuk Perbesar)

Foto Kamera Belakang Normal

Foto Kamera Belakang Normal (Klik Untuk Perbesar)

Desain

ASUS Zenfone 4 Selfie Back

ASUS Zenfone 4 Selfie memiliki ketebalan yang mencapai 7,9 mm yang lebih tebal dibandingkan Zenfone 4 Selfie Pro yang mencapai 6,85 mm. Sementara desain Zenfone 4 Selfie membawa ciri khas dari Zenfone generasi keempat dengan hadirnya dua garis antena di bagian bawah maupun atas.

Pada bagian depannya terdapat tombol fisik home yang sudah disematkan juga sensor fingerprint di bawahnya. Sementara itu, tombol navigasi back dan recent yang hadir pada bagian depannya tidak memiliki backlight sehingga agak sedikit sulit diakses ketika dalam kondisi minim cahaya.

Penempatan dua kamera depannya sendiri sedikit berbeda dengan smartphone pada umumnya karena ditempatkan berjauhan.Meskipun begitu terdapat juga LED Flash pada bagian depan di sebelah kamera depan untuk membantu melakukan foto selfie atau wefie dalam kondisi minim cahaya.

Untuk mengetahui notifikasi yang masuk, smartphone ini juga dibekali dengan LED Indicator yang terdapat pada bagian depan atasnya. Beralih ke bagian belakangnya, terdapat kamera utama yang sedikit menonjol lengkap dengan LED Flash.

Pada bagian atasnya terdapat lubang speaker dan port microUSB 2.0 yang dapat digunakan untuk transfer data maupun cas. Sementara itu, port jack audio 3,5mm terdapat pada bagian atasnya untuk menghubungkan headset atau earphone pada Zenfone 4 Selfie.

Dari sisi kanannya terdapat tombol volume dan power yang diletakkan sejajar sehingga memudahkan penggunanya untuk melakukan kombinasi screenshoot. Sementara dari sisi kirinya terdapat SIM Tray yang berisikan dua slot nano SIM dan satu slot kartu microSD sehingga memungkinkan penggunanya dapat memasukkan 2 kartu SIM dan 1 kartu microSD sekaligus.

Untuk membuka SIM Tray ini penggunanya cukup menggunakan pin ejector atau jarum yang sudah disematkan dalam paket penjualannya, Selain itu, casing jelly yang diberikan ASUS membuat tombol power maupun volume agak susah diakses atau keras ketika ditekan.

SIM Tray ini sendiri dapat dibuka dengan Pin atau jarum yang telah disematkan dalam paket penjualannya. Selain itu, tombol volume dan power ditempatkan secara sejajar pada bagian kanannya. Namun kedua tombol ini agak susah diakses atau keras ditekan ketika menggunakan casing jelly yang diberikan oleh pihak ASUS.

Dua Kamera Depan 20 MP + 8 MP

ASUS Zenfone 4 Selfie Dual Cam

Berbeda dengan Zenfone 4 Selfie Pro, ASUS telah membekali Zenfone 4 Selfie dengan kombinasi dua kamera depan yang terdiri dari 20 MP dan 8 MP berlensa wide-angle. Dengan kamera depan 20 MP ditambah aperture f/2.0, penggunanya dapat menghasilkan foto selfie yang bagus. Sedangkan kamera depan wide-angle 8 MP bisa menghasilkan foto selfie dengan area yang luas hingga sudut pandang 120 derajat.

Dua kamera depannya juga dilengkapi dengan LED Flash, fitur selfie panorama, beauty, GIF Animation, dan portrait mode yang dapat menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh. Selain itu, terdapat juga 9 filter berbeda untuk memberikan efek ketika mengambil foto.

Selanjutnya, kamera belakang Zenfone 4 Selfie memiliki resolusi 16 MP ditambah EIS (Electronic Image Stabilization), Phase Detection Autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Bahkan fitur portrait mode juga telah dihadirkan pada kamera belakangnya sehingga dapat memudahkan penggunan smartphone ini bisa menghasilkan foto bokeh (berefek blur) dengan instan. Selain itu, kamera belakang ini juga dibekali dengan fitur Beauty, Pro, Super Resolution, GIF Animation, Panorama, dan Timelapse. Bagi Gadgeter yang penasaran dengan hasil kamera depan maupun belakang Zenfone 4 Selfie maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Sensor Fingerprint

ASUS Zenfone 4 Selfie Fingerprint

Hampir sama dengan smartphone masa kini, ASUS Zenfone 4 Selfie ini telah dibekali dengan sensor fingerprint yang terdapat pada tombol fisik home di bagian depan dan dapat mendeteksi sidik hari hanya dalam waktu 0,3 detik saja sehingga memudahkan penggunanya membuka kunci smartphone dengan cepat.

Selain untuk membuka kunci smartphone, sensor fingerprint ini juga dapat digunakan untuk menerima panggilan telepon Untuk bisa mengaktifkan sensor ini, penggunanya dapat mengunjungi menu security di bagian Settings.

Selanjutnya, pengguna smartphone ini dapat membuka menu fingerprint pada menu security dan melakukan kalibrasi dengan menempatkan sidik jari pada tombol fisik home. Nantinya penggunanya bisa mendaftarkam 5 sidik jari berbeda dalam smartphone.

Performa

ASUS Zenfone 4 Selfie ini memiliki chipset yang sama dengan ASUS Zenfone 4 Max Pro, yakni Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core berkecepatan 1,4 GHz. Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, ASUS juga telah menyematkan RAM 4 GB dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Untuk performanya sendiri bisa dibilang cukup stabil ketika menjalankan aplikasi secara multitasking, mulai dari email, telepon, chatting, maupun SMS. Sayangnya ketika menjalankan game berat, seperti Asphalt 8, Need For Speed, maupun Dynasty Warrior terkadang smartphone mengalami patah-patah sebentar.

Selain itu, ASUS Zenfone 4 Selfie akan cukup hangat ketika memainkan ketiga game tersebut dalam waktu yang cukup lama. Pada pengujian benchmark, ASUS Zenfone 4 Selfie berhasil mendapatkan skor 44.826 poin pada aplikasi AnTuTu Benchmark yang hasilnya lebih tinggi dibandingkan Zenfone 4 Max Pro dengan 43.807 poin.

ASUS Zenfone 4 Selfie Benchmark

Sementara itu, saya juga berhasil mendapatkan skor 661 poin untuk pengujian single-core dan 2.456 poin untuk pengujian multi-core pada aplikasi Geekbench. Bisa dibilang skor multi-core ini lebih tinggi dibandingkan dengan LG G3, Samsung Galaxy S5, dan OnePlus One.

Tombol recent multifungsi

ASUS Zenfone 4 Selfie memiliki tombol recent yang memiliki berbagai fungsi selain menampilkan daftar aplikasi yang dapat dibuka. Tombol ini juga memiliki fungsi untuk menjadi shortcut screenshot dengan hanya menekannya beberapa detik.

Menariknya pada sistem operasi Android 7.1.1 dengan tampilan antarmuka ZenUI 4 memungkinkan tombol recent ini juga dapat mengakses mode split-screen hanya dengan menekannya beberapa detik saja.

Mode split-screen ini memungkinkan penggunanya dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Namun penggunanya harus memilih salah satu fungsi saja, menjadi shortcut untuk screenshot atau dual-split.

Daya Tahan Baterai

ASUS menyematkan baterai berkapasitas 3.000 pada ASUS Zenfone 4 Selfie. Bisa dibilang baterainya bisa bertahan cukup lama berkat kombinasi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core berkecepatan 1.4 GHz.

.Untuk menguji ketahanan baterai dari smartphone ini, saya melakukan berbagai kegiatan mulai dari menonton Youtube, bermain game, membuka jejaring sosial, chatting, SMS, dan melakukan telepon dengan teman maupun relasi.

Hasilnya ASUS Zenfone 4 Selfie mampu bertahan sekitar 9 jam mulai dari kondisi baterai 100% hingga 0%. Sebagai tambahan, saya menggunakan satu kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE sehingga apabila penggunanya menyematkan dua kartu SIM pada smartphone yang satu ini maka hasil waktu ketahanan baterainya akan berbeda.

Sementara itu, ASUS juga menyematkan fitur fast charging pada smartphone ini sehingga daya baterai dapat diisi selama 1 jam 40 menit mulai dari kondisi baterai 0% hingga 100% berdasarkan pengalaman yang saya lakukan. Bisa dibilang pengisian cepat untuk baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Android 7.1.1 Nougat

ASUS Zenfone 4 Selfie Ok

Hampir sama dengan Zenfone generasi 4 lainnya, ASUS Zenfone 4 Selfie telah memiliki sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dengan tampilan antarmuka ZenUI 4 yang memiliki fitur dan fungsi dari hasil modifikasi ASUS sendiri.

Berbeda dengan Android Marshmallow, sistem operasi ini membawa berbagai fitur-fitur menarik, seperti emoji terbaru, konsumsi daya baterai yang lebih efisien, split-screen multitasking yang memungkinkan penggunanya dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar sekaligus, dan masih banyak lagi.

Layar 5,5 inci HD IPS

ASUS Zenfone 4 Selfiie Display

ASUS menyematkan layar dengan lebar 5,5 inci beresolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS LCD pada Zenfone 4 Selfie. Sepertinya, ASUS merasa Zenfone 4 Selfie sudah nyaman dipandang meskipun menggunakan resolusi HD.

Sementara itu, teknologi IPS yang hadir pada layarnya memungkinkan pengguna Zenfone 4 Selfie masih dapat melihat gambar pada layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat. Selain itu, fitur eye care juga turut dihadirkan dalam smartphone ini yang dapat melindungi mata dari radiasi sinar biru.

Kesimpulan

Setelah saya menggunakan smartphone ini dalam aktivitas beberapa minggu, bisa dibilang ASUS Zenfone 4 Selfie sudah memuaskan saya dalam menjalankan beberapa aplikasi yang dibutuhkan. Sementara itu, dukungan dua kamera 20 MP + 8 MP sudah membuat saya nyaman dalam mengabadikan momen-momen dalam foto selfie maupun wefie.

Namun sepertinya engineer ASUS masih perlu mengoptimalkan kemampuan kamera depan maupun belakang ketika mengambil foto dalam kondisi minim cahaya karena akan muncul noise yang cukup mengganggu. Selain itu, casing jelly bawaan yang disematkan pada smartphone ini membuat tombol volume maupun power miliknya agak keras ketika ditekan.

Sementara itu, baterai berkapasitas 3000 mAh yang hadir dalam smartphone ini bisa bertahan cukup lama ketika dipakai sehari-hari. Terutama dengan hadirnya fitur fast charging yang bisa membuat  daya baterainya diisi dalam waktu kurang dari 2 jam.

Sensor fingerprint yang hadir pada tombol fisik home juga membuat saya dapat membuka kunci smartphone dengan cepat. Sayangnya tombol navigasi back dan recent yang tersedia tidak memiliki backlight sehingga perlu diraba ketika mengaksesnya dalam kondisi minim cahaya.

Nah, bagi Gadgeter yang sedang mencari smartphone dengan kamera selfie dan kamera belakang bagus dengan memiliki daya tahan baterai cukup lama serta harga yang terjangkau maka ASUS Zenfone 4 Selfie dapat menjadi pilihannya. Untuk harga resminya di Indonesia mencapai Rp 3.499.000.

Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone 4 Selfie

Layar IPS LCD 5,5 inci HD 1.280 x 720 piksel
Dimensi 155,7 mm x 75,9 mm x 7,9 mm
Berat 144 g
Prosesor Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core berkecepatan 1,4 GHz
GPU Adreno 505
RAM 4 GB
ROM 64 GB
microSD Ya, hingga 256 GB
Baterai 3000 mAh
Kamera Utama 16 MP, PDAF, EIS, LED Flash
Kamera Depan Dua kamera 20 MP aperture f/2.0 + 8 MP dengan lensa wide-angle, LED Flash
Sistem Operasi Android 7.1.1 Nougat
Antar Muka Asus ZenUI 4.1
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass
Kartu SIM nano-SIM (4G) & nano-SIM (4G)
Jaringan/Konektivitas GSM / HSPA / LTE, Wi-Fi, microUSB v2.0, Bluetooth v4.1, port jack audio 3,5mm
Harga  Rp 3.499.000

Author Rating

Aggregate Rating

no rating based on 0 votes

Brand Name

ASUS

Product Name

Zenfone 4 Selfie

Price

IDR 3499000

Product Availability

Available in Stock

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==