Review Evercoss U50A Max Ponsel Lokal dengan Empat Kamera dan Face Unlock Dengan Harga 1 Jutaan Rupiah | Informasi Gadget Terbaru 2017

Review Evercoss U50A Max Ponsel Lokal dengan Empat Kamera dan Face Unlock Dengan Harga 1 Jutaan Rupiah

Murah meriah, begitulah kesan pertama melihat fitur yang ditawarkan Evercoss U50A Max, yang menawarkan Fingerprint, Face Unlock serta Dual Camera untuk kamera depan dan belakang dengan harga kurang lebih 1.2 juta rupiah saja. Coba cek saja harga ponsel merk dari Korea yang sudah dilengkapi fitur dual camera di bagian belakang pun harganya masih di atas 3 jutaan.

Spesifikasi perangkat ini pun cukup memadai walau harganya tergolong murah. Supaya jelas, baca selengkapnya yah review kami.

Paket Penjualan Evercoss U50A Max:

  • Perangkat Ponsel Evercoss U50A Max
  • Kepala Charger 1A
  • Kabel micro USB
  • Jelly Soft Case
  • Earphone
  • Buku Garansi
  • Buku Panduan

Spesifikasi Evercoss U50A Max :

  • Layar: 5 Inci, resolusi 1280×720 px (HD)
  • CPU: Quad Core 1.3 Ghz Cortex A7 buatan Spreadtrum
  • GPU: Mali T820
  • Konektivitas: 4G LTE
  • RAM: 2GB
  • RAM/Internal Storage: 16GB
  • MicroSD: Ada slot microSD terpisah
  • Dual SIM: mendukung
  • Kamera Belakang: Dual amera 13MP + 2MP dengan Flash
  • Kamera Depan: Dual Camera 8MP + 2MP dengan Flash
  • OTG: Ada
  • Finger Print: Ada
  • Baterai: 2350 mAh
  • Android 7.0 Nougat

Desain, Bodi & Layar

Desain Evercoss U50U Max tergolong umum dan melengkung pada ujung-ujungnya dengan bodi cukup tebal dan terasa agak berat. Cover bodi bagian belakang terlihat terbuat dari bahan plastik yang memiliki warna mengkilat sehingga agak mudah menyimpan bekas sidik jari.

Di bagian bawah ada tiga tombol seperti ponsel Android pada umumnya yaitu tombol kanan untuk back, tengah untuk kembali ke Home serta kiri untuk Recent Apps. Tombol tengah pun juga berfungsi untuk fingerprint reader. Bagusnya baterai pada ponsel ini bukan jenis tanam dan masih terpisah dari bodi dalam paket penjualannya.

Layar Evercoss berukuran 5 inci yang menawarkan resolusi 1280x720px (HD) sudah dilapisi kaca pelindung Kingkong glass yang merupakan pesaing dari Corning Gorilla Glass, yang infonya bisa meningkatkan ketahanan layar depan 6 kali lipat dari kaca biasa dan bahkan ada orang lain yang menguji layar ponsel ini sebagai palu namun tidak merusak layar yang membuktikan kekuatan dan ketahanan layar ponsel ini.

Untuk tampilan layar, terbilang cukup bagus dan jelas, sudah memiliki resolusi HD sehingga cukup bisa dihandalkan untuk melihat foto maupun video di ponsel ini.

Namun sayangnya layar ini hanya mendukung 2 titik sentuh yang kami uji menggunakan tes MultiTouch dari Antutu, padahal ponsel lain sudah umum mendukung sampai 5 bahkan 10 titik sentuh.

UI & Software

Sistem operasi yang disertakan pada ponsel ini adalah Android versi 7.0 Nougat yang bisa kita bilang bukan versi up to date karena versi terbaru Android saat penulisan ini sudah mencapai versi 8.1 yang belum lama dirilis sehingga masih sangat jarang ponsel yang sudah menggunakan versi 8.1.

Evercoss menggunakan sistem antarmuka VOS v2.0 yang menyajikan tampilan menu yang sekarang banyak digunakan, yang tidak menampilkan App Drawer lagi.

Pada ponsel ini Evercoss menjejalkan cukup banyak bloatware alias aplikasi-aplikasi tambahan di luar aplikasi bawaan sistem operasi Android, seperti aplikasi Muslim Go, CM Launcher, Lazada, UC Browser, APD News Reader serta APUS launcher. Ada juga aplikasi tambahan lain yang disertakan untuk utilitas serta keamanan seperti 360 Security, App Cleaner, Health Guard (Memonitor dan mengingatkan seberapa lama kita menggunakan ponsel), XLocker (Mengunci Aplikasi dengan password maupun Face Unlock), Clone (Memindahkan data kontak dan aplikasi ponsel ke ponsel lain), Avatar Master (Menggunakan 2 akun dalam 1 perangkat) .  Ada juga aplikasi UBox Universal, EC Nada Kita, ECbook, serta Toko1001.

Banyaknya aplikasi tambahan yang dijejalkan mungkin disukai oleh sebagian orang, namun banyak juga yang tidak menyukainya karena dirasa menghabiskan kapasitas penyimpanan yang ada.

Sedangkan bicara memori RAM, dalam keadaan standar, RAM yang digunakan adalah 670 MB sehingga terdapat sisa 1330 MB yang bisa digunakan untuk aplikasi lain dari total 2GB.  Perangkat ini memiliki kapasitas internal storage/ROM 16GB dan saat pertama kali, kami cek kapasitas yang tersisa adalah 11.4 GB dari total 16GB , di mana tercatat sistem menggunakan 4.6 GB.

Pada home screen yang ada, pada home screen paling kiri, terdapat panel search serta menampilkan berbagai ikon aplikasi terakhir yang diakses, lalu bagian bahwanya menampilkan Highlights (topik populer pencarian) serta HotNews apabila ponsel ini sudah terkoneksi internet.

Berikut ini adalah tampilan home screen , dan aplikasi bawaan ponsel ini:

Fitur

Face Unlock

Fitur Face Unlock ini bukan untuk membuka akses ke ponsel tapi hanya berfungsi untuk membuka akses kunci ke aplikasi yang diatur dengan aplikasi XLocker. Kami mencoba fitur ini dan mendapatinya berfugnsi dengan baik, di mana Xlocker akan menscan wajah kita saat kita mengakses aplikasi yang terkunci.

Fingerprint

Kami mencoba fitur fingerprint juga untuk membuka screen lock dari perangkat ini dan perangkat ini mampu mengenali sidik jari dengan baik dan membuka kunci layar dengan lancar.

Eye Protect

Evercoss menjejalkan fitur eye protect yang berfungsi merubah kecerahan dan warna layar untuk mengurangi efek radiasi layar terhadap mata yang cocok digunakan untuk membaca di ponsel dalam waktu lama.

Anti Theft

Ponsel ini pun dilengkapi fitur-fitur yang bisa diaktifkan saat ponsel ini dicuri, seperti meminta password saat ingin mematikan ponsel, lalu menginformasikan lokasi saat baterai lemah, lalu mengirim sms otomatis ke nomor yang didaftarkan bila SIM card diganti lalu mengirimkan cara melakukan penghapusan data, mengunci ponsel, membuka kunci ponsel secara remote.

Berikut ini tampilan UI fitur ini:

Smart Access

U50A Max ini dilengkapi fitur untuk mendaftarkan berbagai Gesture untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu

Cloud Service

Apabila Anda ingin melakukan fungsi Backup dan Recover, maka ponsel ini pun sudah bisa terhubung dengan layanan Cloud sehingga Anda dapat membackup kontak maupun merecover kontak dengan mudah.

Kamera

Dari sisi fitur yang ditawarkan, ketika kita membuka aplikasi kamera fasilitas yang diberikan smartphone mencakup pengaturan Video, Photo, Beauty, FaceCute dan Bokeh. Sedangkan efek warna yang disajikan antara lain Sepia, Mata ikan, abu-abu, warna dingin, warna AB, Pencahayaan lembut, Fokus, dan Embun.

Lalu mode kamera yang disediakan antara lain SLO-MO, Panorama, Tanda Air (Watermark), Selang Waktu (Time-Lapse), Beauty Video, dan PRO.

Ponsel ini juga menyediakan pengaturan manual di mana kita bisa mengatur white balance, ISO, Exposure, Saturation, Contrast, serta Brightness.

Kamera ponsel ini mampu menghasilkan efek bokeh serta menawarkan fitur Face Beauty yang memberikan efek untuk menghaluskan tampilan wajah. Ada juga fitur Face Cute yang mampu memberikan efek Face Beauty pada perekaman video.

Ponsel ini sudah menyertakan fitur stiker selfie sehingga kita tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk menambahkan stiker pada foto.

Saat kita memilih pengambilan foto pada mode Bokeh, hasil foto yang diambil bisa kita atur pengaturan aperture apakah dengan paerture lebih besar atau lebih kecil serta titik poin fokus yang kita inginkan.

Anda bisa melihat UI pengaturan manual, mode foto serta pengaturan aperture pada screenshot berikut:

Untuk melihat foto-foto kamera ponsel ini bisa klik di : GALERI HASIL FOTO EVERCOSS U50A MAX

Hasil kamera dari ponsel ini tergolong kurang bagus dan terkesan agak ngeblur dalam kondisi indoor namun bisa memberikan hasil yang terbilang baik di kondisi outdoor dengan cahaya yang cukup dan tidak terlalu silau.  Dan sayangnya bokeh yang dihasilkan pun terlihat kurang bagus.

Performa

Saat menggunakan Evercoss U50A Max agak terasa tampilan UI nya kurang mulus pada pergerakan animasi saat kami menavigasi menu dan fitur yang ada pada ponsel ini seperti saat menggulung layar.

Bahkan saat mode kamera terasa sekali pergerakan gambar yang terlihat pada layar tampak patah-patah dan tidak halus.  Memang CPU yang digunakan kecepatannya 1.3 Ghz yang tergolong rendah dibanding ponsel lain yang mendekati angka 2Ghz bahkan lebih. Selain itu pabrikan CPU yang digunakan juga bukanlah Mediatek atau Qualcomm namun Spreadtrum yang mungkin dipilih oleh Evercoss supaya harga ponsel ini bisa lebih terjangkau harganya.

Namun bukan berarti perangkat ini tidak bisa memenuhi berbagai kebutuhan kita dalam menggunakan aplikasi maupun fitur lain, hanya saja bila dibandingkan ponsel-ponsel lain dengan CPU lebih cepat memang terasa lebih lambat saja.

Bahkan dalam pengujian game, kami mendapati ponsel ini masih oke dan lancar dalam memainkan berbagai game yang kami uji seperti Demolition Derby 2, Nova Legacy serta Asphalt Extreme. Anda dapat melihat screenshot foto game tersebut berikut ini:

Hasil Benchmark

Kami juga melakukan pengujian skor benchmark dengan 4 aplikasi , berikut ini hasil skornya:

Antutu 7: 34080

Geekbench 4:

  • CPU:  Single core : 437, Multi Core: 1233
  • Compute: RenderScript: 575

PCMark: Work 2.0 Performance:  2345

3DMARK: Slingshot Extreme: 102

Anda dapat melihat hasil screenshot benchmark ponsel ini pada galeri berikut ini:

Baterai:

Ponsel ini memiliki kapasitas baterai 2350mAh yang tergolong kecil. Untuk mengisi data/charging ponsel ini dari kondisi kosong sampai kapasitas penuh diperlukan waktu sekitar 2 jam 20 menit, yang tergolong lama mengingat kapasitas baterainya agak kecil. Memang ponsel ini belum memiliki fitur fast charging sehingga cukup lama untuk mengisi daya sampai penuh dan dari sisi kapasitasnya kami menilai kapasitas baterai ini agak kurang memadai.

Kesimpulan:

Ponsel ini menawarkan fitur menarik seperti Face Unlock serta Dual Camera pada bagian depan maupun belakang, sayangnya kurang diimbangi dengan performa yang mulus pada mode kamera. Kualitas foto yang dihasilkan pun biasa saja dan kurang saat kondisi low light.  Namun apabila Anda mengutamakan ketahanan ponsel, maka sepertinya ponsel ini bisa diandalkan dengan adanya Kingkong Glass yang melindungi layar depannya.

Jadi ponsel ini memang diperuntukkan bagi Anda yang mengutamakan harga terjangkau untuk ponsel dengan fitur yang cukup lengkap serta ingin bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh.   Namun ponsel ini kurang oke bagi Anda yang mengutamakan kualitas kamera maupun gamer berat yang menyukai game 3D dengan grafis beresolusi tinggi.

Kelebihan:

  • Layar kuat yang dilindungi oleh Kingkong Glass
  • Kamera Depan dan Belakang bisa menghasilkan bokeh
  • Sudah dilengkapi Face Unlock dan Fingerprint
  • Dilengkapi stiker selfie
  • Baterai bisa dilepas

Kekurangan:

  • Kualitas kamera kurang jelas pada kondisi indoor
  • Bokeh yang dihasilkan kurang bagus
  • Shutter kamera agak lambat

 

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==