Review Nokia 2 – Smartphone Baterai 4100 mAh yang Tahan 1 Hari | Informasi Gadget Terbaru 2017

Review Nokia 2 – Smartphone Baterai 4100 mAh yang Tahan 1 Hari

Nokia 2 Header

Pada tahun 2017 silam, HMD Global secara resmi telah meluncurkan beragam smartphone Android Nokia buatannya di Indonesia, mulai dari Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Bisa dibilang HMD Global berhasil menyelamatkan Nokia dari keterpurukannya dalam bidang smartphone. Selanjutnya pada awal tahun 2018, HMD Global pun membawa smartphone Android Nokia paling murahnya yang bernama Noka 2.

Menariknya, sistem operasi yang dihadirkan pada smartphone ini merupakan Android Nougat murni. Selain itu, Nokia 2 juga memiliki keunggulan pada desainnya yang kokoh dan baterai yang berkapasitas jumbo.

Saya pun berkesempatan untuk melakukan review terhadap Nokia 2 dalam beberapa minggu. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan, kelemahan, fitur, dan spesifikasi hardware dari Nokia 2 maka dapat meliht review lengkapnya sebagai berikut ini :

Desain

Nokia 2 Desain

Nokia 2 ini memiliki DNA desain dari ciri khas dari Nokia 3 hingga Nokia, dimana secara kasat mata terlihat menarik. Frame pada smartphone menggunakan bahan aluminium yang terasa kokoh. Sementara bagian belakangnya menggunakan bahan polikarbonat.

Smartphone ini terasa kokoh ketika saya menggenggamnya di tangan. Sementara itu, Nokia ini menggunakan konsep semi unibody yang membuat case belakangnya dapat dibuka, namun baterai telah ditanam tanpa bisa dilepas.

Selanjutnya, tepat di atas baterainya terdapat dua slot kartu SIM dan satu kartu microSD. Dibandingkan sistem slot SIM Tray berbentuk drawer yang hadir dibuka dengan pin atau jarum di bagian pinggir, sistem untuk memasukkan kartu SIM atau microSD di Nokia 2 lebih praktis. Terutama tidak hybrid sehingga saya dapat memasukkan dua kartu SIM + satu kartu micro SD sekaligus.

Beralih ke bagian pinggir kanan, terdapat tombol volume dan power yang disusun secara berdampingan yang memudahkan untuk melakukan kombinasi screenshot dengan menggunakan satu tangan.

Selanjutnya, port jack audio 3,5 mm terdapat pada bagian atasnya dan port microUSB terdapat pada bagian bawahnya. Pada bagian belakangnya terdapat kamera utama lengkap dengan LED Flash, logo Nokia, dan speaker.

Performa

Menyasar kelas bawah, bisa dibilang Nokia 2 memiliki spesifikasi hardware yang bisa dibilang standar. Hal ini terlihat dengan penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 212 Quad-core berkecepatan 1,3 GHz, RAM 1 GB, dan storage internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Dalam pengujiannya, saya mencoba menjalankan aplikasi dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari chat, SMS, telepon, email, dan bermain game. Bisa dibilang apabila kita menjalankan aplikasi satu per satu masih terasa dengan lancar, namun ketika menjalankan multitasking agak kewalahan.

Selain itu, Nokia 2 ini masih dapat menjalan game casual atau game yang menggunakan grafis low maupun menengah dengan lancar. Sementara, ketika smartphone ini menjalankan game dengan grafis yang berat maka akan terjadi patah-patah.

Namun hal ini pun wajar mengingat spesifikasi hardware ditawarkan pun memang standar untuk smartphone low-end. Dalam pengujian Geekbench pun, smartphone ini berhasil mendapatkan skor 424 untuk pengujian single-core dan 1.145 untuk pengujian multi-core yang bisa dibilang standar dengan kombinasi hardware miliknya.

Baterai

Nokia 2 Baterai

Fitur yang paling diunggulan dari Nokia 2 adalah baterainya yang memiliki kapastas 4100 mAh. Berkat spesifikasi hardware yang ditawarkan memiliki performa standar kelas low-end, membuat baterai dapat bertahan dengan lama.

Saya melakukan pengujian penggunaan yang biasa dilakukan dalam aktivitas sehari-hari, seperti menjalankan email, melakukan chat, berinteraksi di jejaring sosial, bermain game sesekali, menonton video sesekali, SMS, dan telepon.

Hasilnya pun Nokia 2 dapat bertahan selama 23 jam 13 menit dari kondisi 100% ke 0. Sementara itu, apabila smartphone ini hanya digunakan untuk SMS atau telepon biasanya saja maka dapat bertahan hampir 2 hari. Dengan daya tahan baterai selama ini membuatnya menjadi nilai tambah utama dari Nokia 2.

Kamera

Nokia 2 Kamera Belakang

HMD Global menyematkan kamera yang standar dalam Nokia 2 dengan kombinasi kamera belakang yang beresolusi 8 MP dan kamera depan yang beresolusi 5 MP. Sayangnya aplikasi kamera dari smartphone ini sangat standar tanpa hadirnya banyak fitur karena menggunakan sistem operasi Android murni.

Pada kondisi cahaya normal atau melimpah, kamera belakang dan kamera depannya mampu menghasilkan foto yang cukup baik. Sayangnya pada saat minim cahaya, noise akan terlihat banyak sehingga sebaiknya pengguna smartphone ini menggunakan flash agar lebih terang, meskipun nanti hanya tida terasa natural. Untuk itu, Gadgeter bisa menilai sendiri kualitasnya dengan melihat hasilnya di bawah ini :

Kamera Belakang

Foto Outdoor

Foto Outdoor

Foto Indoor

Foto Indoor

Foto Makro

Foto Makro

Kamera Depan

Selfie Outdoor

Foto Selfie Outdoor

Seflie Indoor

Foto Selfie Indoor

Selfie Indoor With Watermark

Foto Selfie Indoor ada Watermark

Layar 5 Inci HD

Nokia 2 Layar

Smartphone yang satu ini telah dilengkapi dengan layar 5 inci yang memiliki resolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi LTPS LCD In-Cell Touch. Bisa dibilang kombinasi ini dapat membuat saya nyaman dalam melihat video maupun gambar dalam layarnya. Selain itu, Nokia 2 juga telah dibekali dengan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3 untuk meminimalisir terjadinya goresan dalam smartphone ini.

Android Nougat Murni

Nokia 2 Baterai

Nokia 2 ini telah dibekali dengan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang murni sehingga bersih dari malware dan bisa dibilang lancar. Beberapa fitur menarik dari sistem operasi ini terdapat pada dual-split multitasking yang memungkinkan dua aplikasi dapat berjalan dalam satu layar, efisiensi baterai, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Meskipun spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh smartphone ini merupakan standar low-end, namun saya merasa puas dalam penggunaan sehari-hari ketika hanya menjalankan beberapa aplikasi yang penting saja.

Apalagi baterai 4100 mAh dari smartphone ini dapat bertahan dengan lama sehingga saya tidak perlu membawa charger atau powerbank ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, bodi dan desain yang ditawarkan oleh Nokia 2 ini kokoh ketika digenggam.

Nokia 2 sendiri dibanderol secara resmi di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 1,5 juta. Dengan harga sebesar itu, bisa dibilang masih mahal untuk smartphone dengan spesifikasi hardware seperti itu.

Namun dengan baterai berkapasitas 4100 mAh dapat membuat Nokia 2 menjadi salah satu pilihan di harga tersebut apabila Gadgeter sangat menginginkan smartphone dengan daya tahan baterai yang awet dan tahan lama. Bisa dibilang masih jarang vendor yang menawarkan baterai sebesar itu, di kisaran harga segitu.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==