Review TP-LINK Archer C20 Indonesia | Informasi Gadget Terbaru 2017

Review TP-LINK Archer C20 Indonesia


Router adalah sebuah perangkat yang wajib tersedia di seluruh rumah atau kantor yang memiliki koneksi internet. Selain mampu menyebarkan jaringan internet ke berbagai perangkat lain secara stabil dalam wilayah yang luas, sebuah router yang berkualitas juga mampu memaksimalkan kecepatan yang disediakan oleh penyedia jasa internet yang kita gunakan, bukan malah membatasinya.

Fitur-fitur yang beragam juga menjadi salah satu syarat bagi sebuah router untuk bisa dicap berkualitas, karena memberikan kemudahan ekstra bagi pengguna dalam pengoperasiannya. Nah, salah satu router yang memiliki semua keunggulan tersebut dan tetap dibanderol dengan harga terjangkau adalah TP-LINK Archer C20 : AC750 Wireless Dual Band Router.

Tampilan Elegan dengan Tekstur Berpola Prismatik

Biasanya, para pengguna tidak akan terlalu mempedulikan penampilan dari router yang mereka miliki karena router adalah sebuah perangkat yang bekerja di “belakang layar”. Tapi jika melihat penampilan dari Archer C20, mungkin Gadgeteers malah ingin menempatkannya di lokasi yang mudah terlihat oleh banyak orang. Wajar saja, meskipun memiliki bentuk dasar yang sederhana, Archer C20 tetap tampil elegan dan terlihat mewah berkat tekstur berpola prismatik yang melapisi bagian atasnya. Di bagian ini juga terdapat beberapa lampu indikator untuk menunjukkan status koneksi secara real time.

DSC00032R
Di bagian belakang, kita akan menemukan 2 antena berteknologi tinggi yang mampu menyebarkan sinyal ke segala arah alias Omnidirectional secara stabil, sehingga wilayah jangkauan sinyal dari Archer C20 menjadi lebih luas dari router biasa. Di bagian belakang ini kita juga akan menemukan sebuah port USB. Port ini bisa digunakan untuk membagi data dari sebuah media penyimpanan ke semua perangkat yang terkoneksi dalam jaringan router. Port ini juga dapat dihubungkan ke sebuah printer sehingga kita dapat mencetak dokumen dari beberapa perangkat berbeda tanpa perlu dihubungkan dengan kabel. Praktis ya?

DSC00036R

Teknologi Dual Band untuk Koneksi Bebas Lag

TP-LINK Archer C20 sudah mendukung jaringan Wi-Fi 802.11ac yang disebut-sebut sebagai standar Wi-Fi di masa depan. Selain itu, router ini juga telah mendukung IPv6, dasar dari internet generasi berikutnya sehingga siap untuk mendukung berbagai layanan baru yang akan muncul di masa mendatang.

Tapi Gadgeteers tidak perlu khawatir jika belum menggunakan Wi-Fi 802.11ac. Router ini bersifat backward compatible sehingga bisa digunakan dengan Wi-Fi generasi sebelumnya, 802.11n. Archer C20 juga menawarkan fleksibilitas bagi Gadgeteers dengan hadirnya teknologi koneksi dual band, yakni dukungan pada jaringan 5GHz dengan kecepatan 433 Mbps dan jaringan 2.4GHz dengan kecepatan 300 Mbps dalam satu waktu.

DSC00047R

Meskipun menawarkan kecepatan yang berbeda, kedua jaringan ini memiliki keunggulan masing-masing. Jaringan 2.4 GHz memiliki keunggulan dalam hal jangkauan sinyal yang luas, sedangkan jaringan 5 GHz memiliki keunggulan dalam hal kecepatan, namun dalam jangkauan sinyal yang lebih sempit. Dengan adanya teknologi dual band dari Archer C20, Gadgeteers dapat menikmati semua keunggulan tersebut secara bersamaan. Aktivitas sederhana seperti mengirim e-mail atau web browsing akan dijalankan dalam jaringan 2.4 GHz, sedangkan aktivitas yang membutuhkan bandwith lebih seperti gaming online atau streaming video HD akan dijalankan dalam jaringan 5GHz, sehingga alokasi bandwith pun akan menjadi lebih efisien.

Router Pintar yang Kaya Fitur

Untuk memperkaya pengalaman pengguna dalam menggunakan Archer C20, TP-LINK telah menyediakan beberapa fitur keamanan seperti Guest Network dan Parental Control. Dengan adanya fitur Guest Network, Gadgeteers dapat memberikan akses jaringan internet pada tamu yang sedang berkunjung ke rumah atau kantor tanpa memberikan password utama jaringan Wi-Fi tersebut. Tentunya fitur ini akan memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena kita tidak perlu khawatir jika password Wi-Fi kita akan bocor dan digunakan oleh sembarang orang.

DSC00041R
Archer C20 juga memiliki fitur Parental Control yang mampu membatasi jumlah situs yang bisa dikunjungi beserta durasi pemakaian Wi-Fi. Gadgeteers dapat mengatur jadwal kapan situs tersebut boleh diakses dan kapan koneksi internet akan dimatikan secara total. Fitur ini akan sangat berguna bagi para orang tua yang ingin mencegah anaknya membuka situs-situs yang tidak pantas untuk dikunjungi.

Gadgeteers juga bisa memonitor jumlah dan jenis perangkat yang terhubung ke Archer 20 melalui aplikasi Tether yang sudah disediakan oleh TP-LINK di Play Store dan iOS. Jika ada perangkat yang tidak dikenal dan terasa mencurigakan, Gadgeteers dapat segera memutuskan jaringan dan memblokir perangkat tersebut langsung dari smartphone.

Dengan banderol Rp600 ribuan, TP-LINK menawarkan sebuah perangkat yang lebih dari sekedar router biasa. Archer C20 patut menjadi pertimbangan Gadgeteers yang membutuhkan sebuah router dengan performa handal dan kaya fitur. Penampilan elegan dari Archer C20 juga membuktikan jika sebuah router bisa dijadikan sebagai perangkat untuk mempercantik penampilan ruangan. Dengan berbagai keunggulan tersebut, @Gadgetgaul memberikan nilai 4.5 dari 5 untuk TP-LINK Archer C20 : AC750 Wireless Dual Band Router.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.


Bagikan Info ini ke teman Anda Yuk …

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==