Sudah 4 tahun lamanya, semenjak Twitter mengakusisi startup Vine pada Oktober 2012 silam. Lalu pada bulan Januari 2013, sosial media tempat berbagi video 6 detik ini pun diperkenalkan ke publik.

Semenjak saat itu dikabarkan mereka memiliki setidaknya  100 juta pengguna mobile app dan web per bulannya. Namun nampaknya zaman telah berubah, sekarang pengguna Vine secara bertahap terus berkurang. Dikabarkan bahkan tahun ini tercatat terjadi penurunan pengguna sekitar 10 juta orang.

1477610273792stuff.co.nz

Penurunan tersebut cukup berdampak pada Twitter, sehingga mereka pun memutuskan akan menutup layanan Vine ini. Namun, walaupun sebenarnya penutupan Vine ini belum efektif dilakukan, ternyata banyak pengguna yang menyayangkan keputusan tersebut dan mulai mengutarakan pendapatnya.

Para pengguna mengutarakan bahwa mengapa mereka (pihak Twitter) tidak menjual Vine saja, daripada alih-alih menutup dan mengubur layanan ini. Hal tersebut tentunya akan mengorbankan banyak penggunanya.

Di sisi lain, pendapat tersebut pun langsung mendapat tanggapan dari pengguna aktif Vine lainnya, bahwa mungkin sebenarnya Twitter telah mencoba menjual Vine tetapi tidak ada yang berminat dan pihak Twitter sendiri sudah tidak dapat menanggung biaya operasional Vine kembali. Sehingga mereka (pihak Twitter) memutuskan untuk mengubur Vine saja.

Hal tersebut bisa jadi benar, bisa jadi salah. Namun mengingat memang, akhir-akhir ini Twitter sedang dalam masa sulit dan sedang berjuang keras untuk memulihkan kondisi keuangannya.

Bila Twitter benar-benar secara penuh menutup layanan tersebut dan memecat sekitar 350 karyawan atau sekitar 9% dari keseluruhan pegawainya, maka dikabarkan mereka akan kehilangan dana sekitar $10 sampai $20 juta. Tetapi di saat bersamaan, hal keputusan itu diharapkan mampu membuat keuangan mereka menghhemat $50 sampai $100 juta per tahunnya. Well, bagaimana? Apakah Gadgeteers salah satu pengguna aktif Vine?

via AndroidAuthority.com
featured image via digitalstreetsa.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Mahasiswa & Penulis amatir. Ex-Radio Announcer & MC.
Keep touch with me on Instagram: Zakislm