SMARTFREN ANDROMAX R2, VOLTE PERTAMA: Review, Spesifikasi dan Harga | Informasi Gadget Terbaru 2017

SMARTFREN ANDROMAX R2, VOLTE PERTAMA: Review, Spesifikasi dan Harga


Internet 4G LTE menjadi layanan baru operator yang kian marak. Smartphone yang berteknologi VOLTE yang masih sangat jarang, hanya di kelas atas yang mahal. Kini smartfren memelopori kehadiran smartphone VOLTE lewat Smartfren Andromax R2, harganya terjangkau pula.

Apa itu volte? Volte merupakan layanan telepon lewat jaringan 4G LTE berbasis IMS (Ip Multimedia System) yang memiliki jalur khusus. Lewat jalur ini, traffic volte bisa dipisahkan dengan penggunaan data lain. Maka, dengan volte, proses download tetap berlangsung dalam kecepatan tinggi, sambil melakukan percakapan bahkan video call. Di percakapan biasa ( non volte), saat ada panggilan masuk maka kecepatan download akan menurun drastis bahkan terputus. Di sisi lain, percakapan lewat volte memberikan nada panggil lebih cepat dan suara yang lebih jernih.

1. Desain dan Layar Smartfren Andromax R2

Smartfren Andromax R2 kini menjadi tipe teratas dalam jajaran andromax dari smartfren. Di antara saudaranya, sisi desain dan spek memang tampak menonjol. Berlayar lega, namun masih enak dilihat dan di genggam. Jawabannya ada di bobot yang ringan dan bodi tipis. Memegangnya berlama – lama tak akan terasa capek. Bodi terasa kokoh, karena dibalut bahan mental dengan finishing krom. Berbeda di Andromax lainnya,R2 berdesain unibodi alias batreainya menyatu. Desain ini tentu menyumbang ketipisan ponsel. 

Smartfren Andromax R2 bagian belakang

Warna hitam di sisi depan dan belakang mendominasi dengan bodi plastik mengilat. Uniknya meski bodi belakang tampak mengkilat, namun tak licin saat di genggam. Di sisi kanan bodi ada laci untuk menyimpan dua SIM card, yang harus di tusuk untuk membukanya. Sementara di kiri, ada slot microSD yang juga berbentuk laci, berdampingan dengan tombol volume. Posisi tombol volume di kiri dan tombol power di kanan sejajar dan terasa ergonomis, memudahkan saat perlu memencet keduanya, misalnya untuk screenshot layar. Di belakang, hanya ada kamera dan dual flash, sementara speaker ditaruh di sisi bawah. 

Smartfren Andromax R2 desain

Ketajaman layar cukup memuaskan. Gambar tampil tajam dan warna alami meski tak secemerlang layar ponsel kelas atas. Huruf berukuran sangat kecil tetap jelas terlihat. Dilihat dari samping dengan kemiringan ekstra, tampilan layar masih terlihat jelas, ini memudahkan saat melirik ponsel di kondisi tak ideal, seperti di pinggir jalan. Respon layar juga sensitif dan akurat, meskipun layar masih berlapis plastik bawaan atau agak basah karena keringat. Layar sudah berlapis dragon trail glass, antigores sekelas gorilla glass.

2. Antarmuka dan Aplikasi Smartfren Andromax R2

Layar Smartfren Andromax R2

Ponsel ini menggunakan OS Android 5.1.1 Lollipop, dengan antar muka standar tampil tanpa dipermak. Secara tampilan memang kurang wah. Namun secara fungsi, OS Lolipop memang terbilang lengkap dan mudah dipakai. Dengan menarik layar sekali ke bawah, kita bisa lihat notifikasi apa saja yang muncul. Ditarik dua kali ke bawah, layar memunculkan akses cepat ke pengaturan ponsel untuk fungsi favorit, termasuk akses cepat ke Dolby audio dan VoLTE. 

Antarmuka Smartfren Andromax R2Di sisi bawah homescreen, berderet pintasan ke telepon, SMS, kamera, dan browser. Di bawah layar, berderet tiga tombol Hapitc standar, Multitasking, home, dan back. Masuk ke menu utama, ikon aplikasi berjajar dalam formasi 6×4, terlihat padat. Untungnya, dengan mudah kita bisa buat folder untuk mengkelompokan aplikasi – aplikasi tersebut.

Ada banyak fungsi pengaturan yang menarik dan berguna di Smartfren Andromax R2 ini. Fungsi tombol bisa diatur. Tombol home atau tombol bisa diatur. Tombol home atau tombol menu misalnya, jika ditekan lama atau diketuk dua kali, bisa diatur untuk membuka tutup menu, berpindah aplikasi yang sedang aktif, search assistant voices search, in – app search, mengaktifkan kamera, hingga mematikan layar, tombol volume juga bisa dipakai untuk mengaktifkan ponsel dari posisi standby. 

Menu motions and gestures bisa mengatur ponsel lebih banyak lagi. Saat muncul nada dering dari panggilan masuk, sms atau alarm, bisa dengan mudah didiamkan dengan memutarnya. Untuk mengaktifkan layar, cukup ketuk layar dua kali di mana saja, maka layar akan menyala. Untuk mematikan layar, tak perlu pakai tombol power. Cukup ketuk tombol home dua kali. Begitu praktis. 

Air gestures lebih menarik, karena bisa mengatur ponsel dengan mengibaskan tangan di atas layar. Saat ada panggilan masuk, kita bisa menerimanya, menolak, atau mendiamkan nada panggilan, cukup dengan menggerakan tangan di atas kamera depan. Saat sedang browsing, gerakkan saja tangan untuk berpindah di halaman sebelumnya atau sesudahnya, selain itu, bisa di gerakan jari di layar membentuk huruf tertentu untuk mengakses sebuh fitur. Misalnya bentuk O untuk menelepon, z untuk mode getar ,m untuk mendengarkan music, juga atau untuk berpindah lagu. 

Banyak aplikasi bawaan di R2 ini, baik terkait langsung dengan smartfren ataupun tidak. Ada aplikasinya my smartfren, uangku, bank sinarmas, excite point, genflik, innovate GO, dan smartCloud. Belum lagi urbanlndo, sale stock, baidu browser, bukalapak, clean master. Selain itu, ada smartfren appstore, smartCall, smart face call, smartshield, smart English. 

Menurut kami banyak aplikasi tersebut kurang berguna dan tentu saja mengurangi ruang memori. Tapi , hampir semua aplikasi bawaan itu dapat di hapus, kecuali aplikasi uangku dan bank sinarmas. O ya, mengetik terasa nyaman di ponsel ini. Jarak antar tombol cukup lega dan akurasi layar sentuhannya, membuat mengetik cepat terasa enak dan jarang salah pencet.



3. Audio Smartfren Andromax R2

Dengan lubang speaker di sisi bawah, tak perlu kwatir suaranya akan terendam dalam posisi apapun. Dari speakernya, suara tampil jernih dan cukup keras dengan nada treble kuat, tanpa menyakitkan telinga.lewat headset bawaan, suara tampil jernih dan efek stereo sangat terasa. Apalagi jika fitur surround diatur dengan baik. Namun, nada bass memang kurang bulat dan lembut, yang tampaknya karena kualitas earphone bawaan. Buktinya diganti dengan headset kelas atas nada bass yang lembut dan bulat bisa dinikmati dengan nyaman meski berlama – lama. 

Untuk mendongkrak suara, ada dua pilihan yaitu lewat dolby audio dengan dua pilihan custom atau snapdragon audio yang punya equalizer dengan tampilan modern. Equalizer snapdragon audio ada lima kanal manual plus sebelas pilihan, ditambah bass boost, surround dan reverb. Radio FM jernih dan cukup sensitif menangkap banyak stasiun radio, dengan earphone sebagai antenanya. Siaran radio bisa direkam dalam format 3 gpp, dan bisa dimatikan otomatis dalam 15 menit hingga satu jam.

4. Kamera Smartfren Andromax R2

Berbekal kamera utama 13 MP, hasil foto di luar ruangan memuaskan. Kami sengaja memakai mode auto untuk mengetahui kemampuannya merekan secara cepat. Foto terekam tajam dan detail dengan warna alami dan noise rendah. Objek jarak dekat terekam tajam dengan autofocus yang cepat, bahkan objek sulit seperti pendaraan cahaya matahari menerobos pohon, bisa terekam dengan baik tanpa mendistorsi objek lain. 

Di dalam ruangan, ketajaman memang menurun namun masih cukup terjaga dengan noise dan warna yang bisa diterima. Meski tak setajam kamera belakang, foto selfi juga tampil bagus. Wajah tampak terang dan jelas, meski membelakangi cahaya (backlight). Flash di kamera depan yang tak terlalu kuat, membuat wajah tampil terang lebih alami. Lensa wide di kamera depan juga bisa menampung lebih banyak objek. 

Rekaman video juga tampil tajam dengan gerakan lancar dan suara jernih, baik di luar maupun dalam ruangan. Di dalam ruangan, ketajaman masih cukup baik dengan noise minim.

5. Kinerja Smartfren Andromax R2

Terasa asyiknya menjelajahi semua fitur di ponsel ini, lancar, gesit dan belum ditemukan gejala lag yang berarti. Apalagi jika di dapat sinyal 4G yang bagus, maka game online yang berat atau youtube HD nyaman dinikmati. 

Kami sempet menguji game berat sekelas UFC EA sports dengan grafis 3D yang detil dan tajam, terlihat gerakan pukul memukul berjalan lancar tanpa gejala lag. Setelah dipakai lama, bodi ponsel hanya terasa hangat saja. Ada dua selot di Smartfren Andromax R2 ini, dan aktif secara bersamaan. Slot pertama wajib diisi nomor smartfren alias dikunci, sedangkan slot kedua bebas diisi nomor GSM apa saja.

Nomor smartfren mendukung jaringan LTE, dan jika tidak didapat sinyal 4G maka otomatis turun ke EVDO. Slot nomor GSM hanya bisa dipakai di jaringan internet 2G (GPRS/EDGE) saja. Bisa bertahan sekitar 10 jam dengan pemakaian cukup sering. 

Kami tentu juga menguji fitur terbaru dan pertama kali diterapkan operator 4G di Indonesia, yaitu volte (Voice over LTE ). Sesuai namanya, volte merupakan layanan suara lewat jaringan LTE. Saat ini layanan volte baru bisa dinikmati dengan sesama nomor smartfren, dengan dua tipe yang mendukung yaitu Smartfren Andromax R2 dan andromax E2. 

Agar bisa dipakai telepon volte dengan operator lain, tentu saja menunggu peraturan interkoneksi dari pemerintah. Sebelumnya di bagian network setting, menu enhanced 4G LTE  mode harus di aktifkan. Aktifkan fitur volte ditandai oleh ikon volte di bar kanan atas layar. Selama menguji volte, kami menelepon ke sesama nomor smrtfren yang memakai Smartfren Andromax R2. Jika salah satu smrtphone belum mendukung volte, maka jalur percakapan akan di pindahkan ke saluran biasa. 

Waktu panggil terasa cepat, sekitar tiga detik saja sudah terhubung, suara juga terdengar lebih jernih dari telepon lewat jalur biasa. Di menu panggil telepon ada tombol video call untuk mengaktifkan percakapan video. Asal sinyal bagus (minimal tiga bar), tampilan suara dan video tampak jernih dan terang. Yang menarik, tarif video call ini sama dengan tarif telepon biasa. 

Hasil uji benchmark juga menunjukkan skor yang bagus.

AnTuTu Benchmark

29.899

Quadrant Standart

19.195

Nenamark 2

59,3

Linpack

465,56

Geekbench

605 (Single)

2.215 (Multi)

6. Spesifikasi Smartfren Andromax R2

Berikut spesifikasi Smartfren Andromax R2 secara lengkap

Jaringan

  • Teknologi: GSM / CDMA / EVDO / LTE
  • 2G bands: GSM 900 / 1800; CDMA 800
  • 3G bands: CDMA2000 1xEV-DO Rev A
  • 4G bands: LTE 800 / 850 / 1800 / 2600; TD-LTE 2300
  • Speed: EV-DO Rev. A up to 3.1 Mbps, LTE Cat4 50 Mbps / 150 Mbps
  • GPRS: Yes
  • EDGE: Yes

Bodi

  • Dimensi: 142.2 x 70.6 x 7.7 mm
  • SIM: Dual SIM (GSM-CDMA)

Layar 

  • Tipe: IPS LCD Capacitive touchscreen, 16 M Colors
  • Ukuran: 5.0 inches (68.6% Screen-to-body ratio)
  • Reseolusi: 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel per inci)
  • Multitouch: Yes
  • Proteksi: DragonTrail Glass

Platform

  • OS: Android OS, v5.0 (Lollipop)
  • Chipset: Qualcomm MSM8929 Snapdragon 415 “64-bit”
  • CPU: Octa Core 1.4 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Adreno 405

Memori

  • Card Slot: microSD up to 32 GB
  • Memori Internal: 16 GB, 2 GB RAM

Kamera

  • Kamera Depan: 13 MP, 4128 x 3096 pixels, LED flash, auto focus
  • Fitur: Geo-tagging, digital zoom, face detection, touch focus, panorama, HDR
  • Video: Yes, 720p@30fps
  • Kamera Belakang: 5 MP, LED flash

Sound

  • Alert types: Vibration ; MP3 ; WAV Ringtones
  • Loudspeaker: Yes
  • 3.5mm jack: Yes
  • Dolby Digital

Konektivitas

  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi direct, hotspot, DLNA
  • Bluetooth: Yes, v4.0, A2DP
  • GPS: GPS Built-in, A-GPS, GLONASS
  • Radio: FM radio, RDS
  • USB: microUSB v2.0

Fitur

  • Voice over LTE (VoLTE) support
  • Blackberry messenger ready
  • SNS integration
  • MP4/H.264/H.263/WMV player
  • Document viewer
  • Organizer
  • Voice memo
  • Predictive text input

Baterai

6. Harga Smartfren Andromax R2 dan Daya Saingnya

Saat ini ponsel 4G memang sudah banyak. Namun yang berfitur volte masih jarang. Jika di bandingkan dengan smrtphone 4G lain di pasaran, mungkin saja Smartfren Andromax R2 akan menghadapi persaigan berat. Dengan harga sekelas, banyak merek lain yang menawarkan hal lebih menarik. Namun, dengan volte, Smartfren Andromax R2 bisa dibilang melenggang sendiri di kelasnya. Apalagi kinerjanya cukup bisa di andalkan di kelasnya. 

Harga Smartfren Andromax R2 [Update April 2016]

Dengan volte, Smartfren Andromax R2 bisa dibilang melenggang sendirian di kelasnya , apalagi kinerjanya cukup bisa di andalkan. 

Pendapatan kami 

Tak sabar mencicipi layanan volte? Smartfren Andromax R2 bisa memenuhinya. Apalagi kelengkapan fitur dan multimedianya bisa di andalkan. 


Bagikan Info ini ke teman Anda Yuk …

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==