Dari data tim network Smartfren di tahun 2016, secara total terjadi peningkatan trafik data sebesar 160,74% jika dibandingkan dengan hari raya Idul Fitri di tahun 2015. Peningkatan terbesar terjadi di Jabodetabek dan Jawa Timur. Meski demikian, di tahun 2016 ini terjadi penurunan trafik untuk voice serta SMS masing masing sebesar 40,55% untuk voice serta 22,47% untuk SMS. Sementara itu untuk trafik VoLTE, mengalami peningkatan trafik video call sebesar 37,72% dibandingkan dengan hari biasa, sementara voice call melalui teknologi VoLTE mengalami penurunan sebesar -17,44%.

“Trafik voice serta SMS memang mengalami penurunan karena masyarakat lebih memanfaatkan sarana social messenger seperti LINE, BBM, serta WhatsApp untuk mengirimkan ucapan Lebaran. Namun, kami juga melihat ada tren baru dalam berkomunikasi yaitu menggunakan video call dibandingkan voice call, terlihat dari adanya peningkatan trafik VoLTE. Tentunya kami sangat senang karena teknologi yang kami sediakan ini dapat membantu mereka yang terpisah jarak untuk tetap bersilaturahmi dan bertatap muka menggunakan video call” Ujar Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren.

VoLTE-Smartfren-Lebaran2016okezone.com

Selama bulan Ramadhan untuk memastikan pelanggan mendapatkan komunikasi yang prima, Smartfren telah melakukan 2 langkah. Pertama adalah dengan melakukan monitoring dan penanganan gangguan selama 24 jam mulai dari H-14 hingga H+14 Idul Fitri. Smartfren juga melakukan back up sistem di wilayah yang diprediksi memiliki trafik tinggi seperti di stasiun, dengan menyediakan 265 unit BTS baik fixed maupun temporary di sepanjang jalur mudik, dan 176 unit BTS di kota kota yang memiliki trafik tinggi.

Dengan demikian, di lokasi dengan kemacetan lalu lintas yang tinggi seperti di sepanjang tol Pejagan – Brebes Timur, kota Tegal hingga ke kota Pekalongan pelanggan Smartfren masih dapat memanfaatkan layanan data, voice dan SMS dengan baik tanpa gangguan yang berarti.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.