Studi: Developer Windows Phone Raup Pendapatan 2 Kali Lipat Developer Android | Informasi Gadget Terbaru 2017

Studi: Developer Windows Phone Raup Pendapatan 2 Kali Lipat Developer Android


Tingginya pangsa pasar sebuah platform biasanya diidentikkan dengan tingkat keberhasilan program atau game di dalamnya, yang secara tidak langsung berimbas para pada pendapatan para pengembang program atau game di belakangnya. Namun tampaknya hal tersebut tidak selalu bisa dijadikan patokan, setidaknya menurut sebuah studi independen yang dilakukan oleh InMobi belum lama ini.

Menurut studi InMobi yang melibatkan lebih dari 1000 developer tersebut, pendapatan rata-rata para developer di platform Windows Phone ternyata lebih dari dua kali lipat pendapatan rata-rata para pengembang di platform Android. Selain itu pendapatan rata-rata developer Windows Phone juga 50% lebih tinggi dibanding para developer di platform iOS.

InMobi juga menemukan bahwa ada sekitar 86% pengembang yang membuat program atau game berbasis Android, sedangkan 56% lagi menulis di iOS dan hanya 21 persen yang menggeluti Windows Phone. Namun demikian, para developer Windows Phone tercatat mampu meraih pendapatan rata-rata sebesar 11.400 dolar setiap bulan (sekitar 150 juta rupiah), sementara pengembang di platform iOS memperoleh sekitar 8100 dolar (100 jutaan), dan pengembang Android hanya 4900 dolar (65 jutaan). InMobi juga mencatat bahwa 49% pengembang Windows Phone memperoleh pendapatan di atas 10 ribu dolar, sementara 45% pengembang Android mampu meraihnya dan 53% lainnya di platform iOS.

Tingginya pendapatan para developer Windows Phone dapat terjadi karena persaingan di platform tersebut tidak terlalu sengit. Akibatnya, pengguna lebih mudah menemukan aplikasi yang ditawarkan para developer tersebut. Hal ini sangat bertolak belakang dengan jumlah aplikasi di iOS dan Android yang lebih besar.

Para pengembang di Windows Phone juga tetap merasa optimis akan masa depannya. Sekitar 28% pengembang berharap bisnisnya akan berkembang dalam 3 tahun ke depan, sementara 16% merasa akan merosot. Sementara itu, 75% pengembang di Android berharap bisnis mereka naik dalam waktu yang sama sedangkan 19 persen merasa akan turun. Pengembang iOS yang optimis berjumlah sekitar 61% sedangkan 25 persen lainnya merasa pesimis.

via Phone Arena, WMPowerUser


Bagikan Info ini ke teman Anda Yuk …

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==