Tips Persiapkan Ponsel Untuk Sambut Libur Akhir Tahun | Informasi Gadget Terbaru 2017

Tips Persiapkan Ponsel Untuk Sambut Libur Akhir Tahun

Menjelang libur hari natal dan libur panjang tahun baru, tentu Gadgeteers harus mempersiapkan ponsel yang dipakai sehari-hari agar bisa terus digunakan sebagai alat komunikasi dan penangkap momen-momen berharga. Apa saja yang bisa disiapkan sebelum liburan?

Berikut @GadgetGaul rangkum beberapa tips untuk mempersiapkan ponsel pintar Gadgeteers agar siap menghadapi hari-hari liburan. Hampir semua poin di bawah berlaku untuk perangkat iOS maupun Android.

Menyiapkan Itinerary

Supaya lebih terstruktur, Gadgeteers bisa menyiapkan itinerary atau rencana perjalanan saat hendak berlibur. Ada dua aplikasi dari Google yang dapat Gadgeteers manfaatkan untuk ini: Google Keep dan Google Trips. Seperti aplikasi pencatatan lainnya, Google Keep dapat Gadgeteers manfaatkan untuk mencatat hal-hal apa saja yang ingin dilakukan, barang apa saja yang tidak boleh lupa untuk dibawa dan lainnya dalam bentuk daftar maupun dengan checkbox. Kemudian widget Google Keep bisa Gadgeteers pasang di homescreen agar lebih mudah diakses.

Selain Google Keep, ada juga aplikasi yang relatif masih baru namun cukup membantu saat bepergian, yaitu Google Trips. Aplikasi ini dapat menyimpan info reservasi hotel, memberi saran apa yang harus dilakukan, perencanaan dalam satu hari, saran kuliner menarik dan sebagainya. Gadgeteers dapat merancang sebuah trip per kota dengan durasi tanggal tertentu, dan Google akan memberi saran yang menarik dilakukan sesuai kota yang dipilih.

tips_ponsel_5

Semua pencatatan dan informasi lokasi dapat diunduh secara offline, sehingga tidak makan banyak kuota. Google Trips juga dapat menampilkan promo tertentu yang dapat membantu Gadgeteers saat hendak mengunjungi kota yang belum familiar.

tips_ponsel_6

Simpan Peta, Musik dan Video Secara Offline

Agar tidak menghabiskan banyak kuota data internet, @GadgetGaul sarankan Gadgeteers untuk membuat konten-konten yang biasa diakses secara online menjadi offline. Apa saja? Peta, misalnya. Google Maps memungkinkan Gadgeteers untuk mengunduh area tertentu agar saat navigasi nantinya, data yang diunduh hanya sedikit saja (seperti data kemacetan lalu lintas). Caranya cukup mudah, Gadgeteers cukup buka aplikasi, masuk ke menu Offline maps, lalu unduh area yang akan dituju sebagai destinasi berlibur.

tips_ponsel_2

Untuk menemani perjalanan, Gadgeteers juga dapat menyimpan musik secara offline. Unduh file musik sebelum berlibur, atau simpan playlist favorit yang ada dari layanan streaming musik seperti Joox dan Spotify agar tidak memakan kuota. Senang menonton video? Unduh saja video, film atau series favorit yang ada di aplikasi seperti Netflix dan YouTube.

tips_ponsel_3

Hapus Aplikasi dan File Yang Tidak Perlu

Walaupun tidak pernah dibuka, aplikasi yang ter-install pada ponsel dapat berjalan di belakang dan mengonsumsi daya baterai ponsel Gadgeteers. Walaupun tidak berpengaruh signifikan, ada baiknya agar Gadgeteers menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Ini dapat membuat ponsel bekerja lebih ringan, dan tentunya dapat meningkatkan kapasitas memori ponsel yang nantinya digunakan untuk mengambil foto dan video liburan. Aplikasi tidak bisa dihapus? Gadgeteers dapat men-disable aplikasi agar tidak mengganggu kinerja ponsel.

File-file yang telah diunduh sebelumnya dan sudah tidak digunakan juga dapat dihapus agar memori ponsel semakin lega. Penggunaan aplikasi seperti Smart Manager (Samsung), Smart Doctor (LG) atau Clean Master juga bisa membantu Gadgeteers menghapus cache yang secara signifikan dapat memperluas memori ponsel.

Bawa Charger dan Powerbank

Supaya bisa terus menyala saat digunakan untuk mendengarkan lagu, bernavigasi dan sebagainya, Gadgeteers wajib untuk membawa pengisi daya seperti charger atau powerbank. Pastikan kapasitas powerbank yang Gadgeteers bawa sudah sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan charger yang cocok dengan smartphone bisa membantu agar proses pengisian daya baterai lebih cepat, seperti charger atau powerbank tertentu yang sudah mendukung teknologi fast charging.

Gunakan Case Tambahan

Ini @GadgetGaul sarankan agar ponsel Gadgeteers tetap aman saat digunakan untuk bepergian. Dengan case tambahan, Gadgeteers tidak perlu khawatir jika ponsel terjatuh, diletakkan bersamaan dengan kunci dan barang tajam lain, dan lebih mantap digenggam saat bernavigasi sambil berjalan kaki keluar stasiun atau terminal bis dan sejenisnya.

tips_ponsel_1

Case sendiri jenisnya bermacam-macam. Case berbahan lunak seperti soft case tentunya dapat meredam getaran lebih baik dari hard case saat ponsel terjatuh. Untuk merek dan model, sesuaikan dengan selera Gadgeteers masing-masing ya.

Simpan Kabel dan Peralatan dengan Aman

Earphone, kabel data, kepala charger, powerbank, kabel USB OTG, kipas angin portabel. Mungkin banyak dari Gadgeteers yang memiliki lebih dari satu perangkat Android maupun iOS yang mengharuskan untuk membawa banyak kabel dan aksesoris lainnya. Gunakan pouch atau tas kecil untuk menyimpan semua keperluan gadget agar aman dan tersimpan rapi. Jika ponsel Gadgeteers terbuat dari material unibody, jangan lupa untuk membawa alat seperti ejektor SIM supaya dapat melepas-pasang kartu memori dan kartu SIM saat sedang berlibur.

tips_ponsel_4

Jika Gadgeteers sudah menerapkan semua tips di atas, maka Gadgeteers sudah siap untuk menyambut hari libur. Punya saran lain? Jangan lupa tuliskan di kolom komentar di bawah ya. Selamat berlibur!

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.

Dipersembahkan oleh : InfoGadgetTerbaru.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==