USB OTG | Informasi Gadget Terbaru 2017

USB OTG


USB OTG

USB OTG adalah singkatan dari Universal Serial Bus On The Go. Benda satu ini menjadi populer atau setidaknya kini menjadi bagian dari perangkat terkini berkat kemampuannya menghubungkan sebuah perangkat dengan perangkat tambahan penyerta. Saat ini USB OTG dikenal sebagai port penghubung ke Flashdisk. Padahal kemampuannya tidak haya itu.

Sebenarnya dengan sebuah adapter USB On The Go, Anda bisa dengan mudah menghubungkan beragam aksesoris smartphone atau tablet Android. Aksesoris seperti keyboard USB hard drives bahkan gaming controller bisa Anda koneksikan ke perangkan Android sehingga Anda  kan bisa melakukan lebih banyak hal dengan perangkat Android.

USB OTG adalah sebuah port USB yang bisa dihubungkan dengan port USB pada sebuah smartphone atau tablet. Dengan cara itu Anda akan bisa mengkoneksikan perangkat Android ke USB standar 2.0 atau 3.0. Sayangnya, produsen USB OTG tidak menyebutkan secara detil perangkat android apa saja yang kompatibel dengan adapter tersebut. hal ini dikarenakan terkait hardware dan software yang mendukungnya.

Tapi perlu duketahui bahwa meskipun USB host mode secara teknis ada di semua perangkat Android 3.1 atau ke atas,tetapi fitur tersebut harus terlebih dahulu diaktifkan oleh OEM atau si produsen hardware. Bahkann, jikapun telah diaktifkan, umumnya OEM akan membatasi tipe perangkat USB yang bisa dihubungkan dengan smartphone atau tablet Android yang mereka buat. Untuk itulah diperlukan Android root.

Perangkat Android yang telah dites kompabilitasnya dengan USB OTG diantaranya adalah Samsung Galaxy S II (S2), Samsung Galaxy S III (S3), Samsung Galaxy Nexus, Samsung Galaxy Nexus 7, Droid RAZR, Samsung Galaxy Tab, Acer Iconia Tab A500, Archos G9, Notion Ink Adam, Motorola Xoom, Toshiba Excite 10, Sony Tablet S dan masih banyak lagi.

USB OTG (UNIVERSAL SERIAL BUS ON THE GO)

USB OTG
USB OTG

Cara Kerja USB OTG

Pada dasarnya USB menggunakan arsitektur master/ slave. Dimana sebuah USB host bertindak sebagai master protokol, dan USB perangkat bertindak sebagai slave. Hanya host yangd apat menjadwalkan konfigurasi dan transfer data di atas link. Di sini perangkat tidak dapaat memulai transfer data, mereka hanya menanggapi permintaan yang diberikan oleh host.

OTG memperkenalkan konsep bahwa perangkat dapat melakukan baik master dan slave, dan mengubah terminologi. Dengan OTG, sebuah perangkat dapat menjadi host (bertindak sebagai master link) ataau perifer ( bertindak sebagai slaave link).

USB On The Go menggambarkan host / peran perifer swapping hanya untuk kasus koneksi pada perangkat yang satu menuju perangkat yang lain dimana dua perangkat OTG secara langsung terhubung. Peran swapping tidak bekerja melalui sebuah hub standar, sebagai salah satu perangkat akan bertindak sebagai host dan yang lain sebagai perifer sampai mereka terputus.


Penggunaan USB OTG

Saat Anda memasang adapter USB OTG ke perangkat Android, sebuah notifikasi akan muncul dan memberitahukan bahwa smartphone/tablet Android telah mengenali adapter tersebut dan siap digunakan sebagai USB host. Selanjutnya Anda bisa mulai plug-in sejumlah USB devices. Berikut beberapa fungsi atau perangkat yang dapaat ditancapkan pada USB port.

1. USB Thumbdrive (Flashdisk)

Saat Anda menancapkan  sebuah USB Thumbdrive, perangkat Android akan menampilkan konten atau isi file didalamnya. Bila File berisikan film maka Anda dapat memutar file film tersebut. Deikian pula halnya jika berisikan file musik, dokumen atau foto. Interface yang ada juga memungkinkan Anda untuk melakukan copy paste dari thumdrive ke SD card yang ada di ponsel/tablet Android. Intinya Anda dapat mengeksekusi semua fitur yang terdapat pada windows explorer.

2. Dekstop Keyboard

Jika Anda tengah menulis sebuah konten yang panjang Anda bisa menggunakan keyboard komputer standar (dengan atau tanpa kabel) untuk mengetik di Android. Anda bahkan bisa menggunakan shortcut seperti Ctrl Adan Ctrl X dengan fungsi sama seperti pada dekstop. Biasanya ini digunakan pada tablet yang berukuran besar. Dengan begitu tablet akan berfungsi layaknya sebuah laptop.

3. Mouse

Saat Anda mengkoneksikan sebuah mouse (dengan atau tanpa kabel), sebuah pointer akan muncul di layar perangkat Android (tablet atau smartphone) yang Anda pakai. Dengan pointer itu Anda bisa menggunakan fungsinya menggantikan jari Anda.

4. USB Hub

Bagaimana jika Anda ingin menghubungkan sebuah keyboard dan mouse pada waktu yang bersamaan? Dengan sebuah USB hub yang terpasang ke OTG adapter, Anda bisa melakukannya. Tapi perlu diingat bahwa fitur ini memerlukan daya baterai lebih.

5. Power Hard Drive

Dengan OTG adapter, perangkat Android akan mampu menjalankan semua aksesori USB yang terkoneksi tapi tidak dengan portable hard drive. Sebaliknya,Anda akan tetap bisa menggunakan ‘power hard drive’ karena hardisk tipe ini akan menggunakan daya listrik eksternal, bukan dari perangkat Android. Dengan Hard Drive tersebut Anda bisa write, read juga transfer file.

6.  PS3 Controller

Ini terdapat pada Samsung  S III yangg kompatibel dengan PS3 controller. Saat Anad koneksikan, Anda bisa menavigasikan interface menggunakan analog stick. Yang paling penting, controller kompatibel dengan beberapa games Android sehingga Anda bisa bermain game dengan nyaman menggunakan analog stick dan sebuah perngkat Android. 

7. Card Reader

Bagi fotografer, hadirnya USB OTG akan sangat membantu. Ini memungkinkan Anda memotret menggunakan kamera digital dan upload menggunakan smartphone/ Android. 

8. Kamera DSLR (Canon T3i)

Adapter OTG jika digunakan bersama kabel USB DSLR maka akan memungkinkan Anad untuk bisa tether kamera ke smartphone/ tablet Android. Dengan menggunakan aplikasi seperti Remote Release atau DSLR Controller, Anda bahkan bisa menggunakan Android device sebagai remote shutter release, juga sebagai kontrol camera settings untuk kemudian di-mirror-kan.


9. USB-to-Ethernet Adapter

Jika tidak tersedia WiFi di sekitar Anda, atau Anda ingin koneksi internet yang stabil, Anda bisa mengkoneksikan sebuah USB-to-Ethernet adapter ke USB OTG dan menghubungkan smartphone/tablet Android ke koneksi Ethernet (dengan kabel).

Demikian tulisan mengenai USB OTG, mudah-mudahan bermanfaat….

Sumber:

.(2015). Seluk Beluk USB OTG. PULSA Edisi 321 Th XIII/2015/14-27 Oktober


Bagikan Info ini ke teman Anda Yuk …

Leave a Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==