Tak banyak produsen smartphone asal Tiongkok yang mengedepankan pembaruan perangkat lunak secara rutin. Kebanyakan, smartphone yang dirilis dengan seri Android tertentu, hanya mendapatkan pembaruan minor tanpa naik versi Android.


Vivo adalah salah satu vendor smartphone asal Tiongkok yang biasa melakukan hal yang serupa. Berada di bawah payung perusahaan induk BBK Electronics dan masih bersaudara  dengan Oppo serta OnePlus, beberapa seri Vivo yang dirilis saat ini kebanyakan masih menggunakan Android versi Nougat, tanpa kejelasan mengenai ketersediaan Android Oreo kedepannya. Namun sepertinya Vivo ingin mengubah strategi agar produknya dapat terus bersaing di pasaran. Di Tiongkok, Vivo mengumumkan jika akan ada tujuh smartphone mereka yang bakal resmi mendapatkan pembaruan software Funtouch OS berbasis Android Oreo.

Meski ada tujuh seri smartphone Vivo yang direncanakan untuk mendapat Android Oreo, semuanya tidak ada yang dijual secara resmi di Indonesia. Berikut daftarnya:

711241649

Ya, ketujuh ponsel tersebut absen di Indonesia. Kebanyakan merupakan seri flagship, dan uniknya tidak semuanya merupakan ponsel keluaran baru. Vivo Xplay6 adalah seri flagship Vivo dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820, dan telah diperkenalkan pada November 2016 lalu.

Android Oreo akan hadir pada tujuh smartphone Vivo dia atas lewat pembaruan Funtouch OS terbaru secara over-the-air (OTA), yang direncanakan mulai tersedia di bulan April 2018 mendatang. Selain versi final, Vivo juga akan merilis pembaruan tersebut dalam versi beta untuk tipe tertentu dengan harapan agar pengguna dapat mencoba dan ikut menyempurnakan software tersebut.

Akan lebih baik jika Vivo turut menghadirkan Android Oreo untuk beberapa smartphone-nya yang tersedia dan cukup laris di Indonesia dan India, seperti Vivo V7 & V7 Plus, tak hanya seri X yang tidak hadir di dua negara tersebut. Semoga berita ini hanyalah batch awal dari rencana Vivo untuk memperbarui software seri lainnya ya.

Via Gizchina.com dan Vivo.com.cn
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.