3D printing dianggap hanya terbatas untuk mencetak tulang atau bagian tubuh demi tujuan medis. Jika itu yang Gadgeteers pikirkan, sebaiknya buang jauh-jauh sekarang. Karena dalam waktu dekat kita akan segera berkeliling di atas kendaraan hasil cetakan 3D. Berkat orang-orang di APWorks Airbus yang menciptakan apa yang mereka kalim sebagai sepeda motor pertama di dunia yang dicetak dengan printer 3D.

Apakah pernyataan itu benar? Tidak juga, sebab sepeda motor 3D pertama sudah pernah ada sebelum mereka, yakni ketika seorang pria mencetak replika motor Honda CB500 1972. Namun sepeda motor itu hanya berupa replika dan tidak benar-benar bekerja, sementara “Light Rider” buatan APWorks ini tidak demikian, ia dapat bekerja layaknya motor meskipun akan dibanderol seharga  R760 juta-an.

light-rider

Bahan yang digunakan adalah bahan miniscule partikel alloy cair yang membantu untuk memperoleh bobotnya yang ringan, yang menurut perusahaan beratnya hanya 34 kg. Motor ini juga memiliki mesin yang mampu mencapai kecepatan 0 hingga 50 mil dalam beberapa detik,

Adapun untuk bagian desain terlihat cukup futuristik dan agak tak biasa. ApWorks mengklaim bahwa ini adalah desain silang antara sepeda yang ringan dan fungsi motor yang juga kokoh, mampu menahan bobot dan kerasnya benturan.

“Hasilnya: sepeda motor yang terlihat lebih seperti sebuah exoskeleton organik dari mesin. Itu adalah tujuan desain yang sangat disengaja oleh APWorks, diprogram untuk menggunakan struktur bionik dan proses pertumbuhan alami dan pola dasar untuk mengembangkan struktur yang kuat namun ringan.”

Perusahaan pengembang motor 3D ini mengumumkan bahwa mereka hanya berencana untuk membuat sekitar 50 unit.

via Airbusgroup.com

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.