YouTube Go, aplikasi streaming video YouTube versi ringan dari Google, telah lulus dari status Beta. Aplikasi yang ditujukan untuk menekan bandwidth atau kuota data ini mulai tersedia di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Ya, untuk negara tertentu salah satunya Indonesia, kecepatan internet ngebut masih belum bisa dinikmati semua orang. Masih cukup banyak daerah yang belum memiliki akses internet cepat, dan inilah alasan utama Google merilis YouTube Go. Diharapkan semua pengguna smartphone bisa menikmati seluruh video yang ada di YouTube di mana saja dengan berbagai kondisi kecepatan internet.

ytgo_1

YouTube Go sendiri sebenarnya telah diresmikan di Indonesia pada sebuah gelaran acara yang diadakan Jakarta, 19 September lalu. Saat itu, perwakilan dari Google Indonesia mengatakan, “Banyak yang suka takut dengan kuota data yang terkuras kalau membuka video di YouTube. Apalagi untuk pengguna di daerah luar Jakarta yang koneksinya belum terlalu baik”.

Dengan YouTube Go, Gadgeteers bisa mengunduh video agar bisa ditonton secara offline. Ini dengan catatan smartphone harus terkoneksi ke internet setidaknya dua hari sekali agar video yang sudah diunduh masih bisa ditonton, jika videonya mengandung perizinan tertentu. Jika tidak, YouTube Go hanya perlu terkoneksi ke internet 29 hari sekali. Sebetulnya untuk fitur unduh video bukanlah hal yang spesial, di aplikasi YouTube biasa pun bisa. Tetapi di beberapa negara luar seperti Amerika Serikat, untuk mengunduh video, Gadgeteers harus berlangganan YouTube Red dengan biaya tambahan tiap bulannya. Karena di Indonesia belum ada program berlangganan tersebut, maka fitur unduh masih tersedia secara cuma-cuma.

ytgo_2

Aplikasi YouTube Go hanya berukuran sekitar 9,4MB saja, dan dapat bekerja bahkan di smartphone lawas dengan Android 4.1 Jellybean. Selain dapat melihat cuplikan video melalui semacam slideshow sebelum mengunduh video secara offline, Gadgeteers juga diberikan tiga opsi pilihan kualitas video, serta fitur untuk mengirim video yang telah diunduh secara cepat dan tanpa menghabiskan kuota data sama sekali.

Saat ini, statusnya masih unreleased tetapi Gadgeteers sudah dapat mengunduhnya lewat Google Play Store di sini.

Via ubergizmo.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.